Polres TTU Berduka, Satu Anggota Satbinmas Telah Berpulang

Polres TTU Berduka, Satu Anggota Satbinmas Telah Berpulang
Upacara persemayaman dan pemakaman almarhum Brigpol Hermawan Hanti, Minggu (20/2/2022).

Tribratanewsttu.com- Satu kali bunyi tembakan Salvo ke udara sontak memecah tangis sendu di depan Masjid Nurul Huda yang terletak di jalan Kenari, Kelurahan Naikoten 1, Kota Kupang, Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Jeritan tangis tak mampu membendung langkah kaki regu pengusung peti jenazah dengan irama teratur, mulai diayunkan maju. Sang Saka Merah Putih yang menutupi kain keranda hijau pada peti itu, membalut kisah yang pernah dilukiskan tak akan pernah kembali. 

Salah seorang anggota Polwan, Briptu Cornelia Stover berjalan di depan peti sambil memegang sebuah potret bisu sang rekan yang telah lebih dahulu dipanggil pulang menuju Nirwana abadi. Saat itu, sedang dalam proses upacara Persemayaman dan Pemakaman Jenasah Almarhum, Brigpol Hermawan Hanti. 

Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Kapolres TTU AKBP Moh. Mukhson, S.H.,S.I.K.,M.H., Perwira Upacara Kasat Binmas Polres TTU AKP I Made Wijana Santa, S.H. dan selaku Komandan Upacara yakni Pa Polres TTU IPDA Fransiskus Sarmento, S.Sos.

Sementara itu, perangkat upacara lainnya seperti pembawa acara Briptu Lola Bistolen, pembaca Riwayat Hidup Briptu Eunike Reinamah, Pembawa Krans Bunga anggota Polda NTT (leting almarhum), pembawa Foto Briptu Cornelia Stover serta pengawal jenasah Brigpol Robin L. Nge dan Briptu Firman Apriyandi.

Sore itu, Minggu (20/2/2022) sekira pukul 15.30 baru saja selesai penyerahan jenazah almarhum Brigpol Hermawan Hanti oleh keluarga kepada Polres TTU yang diterima langsung oleh Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson, S.H.,S.I.K.,M.H., untuk selanjutnya dimakamkan secara kedinasan Polri. 

Meski sang surya mulai beranjak menuju peraduan, suasana pengusungan jenazah menuju tempat pemakaman untuk dikebumikan tetap setia diikuti oleh orang tua, keluarga, sahabat, rekan, dan terlebih teman seperjuangan selama menjalani tugas di Mapolres TTU. 

Sebelum acara pemakaman, dilakukan  upacara penurunan jenasah ke liang lahat diikuti penghormatan pasukan kepada arwah almarhum dengan satu kali tembakan Salvo. Dilanjutkan peletakan Krans Bunga dan tabur bunga oleh Kapolres TTU bersama ketua Bhayangkara dan perwakilan leting. 

Kapolres TTU AKBP Moh. Mukhson, S.H.,S.I.K.,M.H., saat itu secara pribadi dan dinas menyampaikan turut berduka cita. "Kepada kelurga almarhum secara pribadi maupun dinas, turut berduka cita yang sedalam - dalamnya atas kepergian almarhum. Sebagai umat yang beriman yang percaya akan kehendaknya sudah selayaknya kita menerima dengan ikhlas putusan dan kehendakNya," ucapnya. 

Kapolres TTU AKBP Moh. Mukhson menyatakan belasungkawa yang sedalam - dalamnya serta memanjatkan doa semoga Tuhan Yang Maha Esa memberi ketabahan dan kesabaran serta bimbingan kepada seluruh kelurga yang di tinggalkan. Pada pukul 17.00 Wita pelaksanaan Upacara Persemayaman dan Pemakaman Jenasah Almarhum Brigpol Hermawan Hanti selesai dengan aman dan lancar.

Untuk diketahui, almarhum meninggal dunia pada, Sabtu (19/2/2022) di rumah orang tuannya di Kupang pada pukul 17.30 wita karena sakit. Meninggalkan seorang istri Sari Puspa Ningsih dan satu orang anak Gibran Airlangga Hermawan. Jabatan terakhir sebagai Banit Binpolmas Satbinmas Polres TTU.

Polri selain melaksanakan tugas pokok sebagaimana diatur dalam Pasal 13 Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, juga melaksanakan tugas lain diantaranya melaksanakan upacara pemakaman terhadap anggota Polri ataupun purnawirawan Polri yang meninggal dunia, sebagaimana diatur dalam Peraturan Kapolri nomor 3 Tahun 2013, tanggal 6 Maret 2013 tentang Pemakaman Anggota Polri atau Purnawirawan Polri. (*)

Gerakkan Polres TTU Semangat Melayani.