Polsek Biut Pantau Pembagian BLT, Berjalan Sesuai Prokes

Polsek Biut Pantau Pembagian BLT, Berjalan Sesuai Prokes
Para Penerima BLT Mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memasuki kantor Desa Kuluan, Kamis (15/7). (Foto : Ist).

Tribratanewsttu.com-Polres TTU pada satuan Polsek Biboki Utara melakukan pemantauan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap I tahun 2021 dan pembagian honor bagi RT/RW serta BPD dan Linmas Desa Kuluan, Kamis (15/7).Kegiatan tersebut berjalan dengan aman dan lancar sesuai protokol kesehatan (Prokes).

Kegiatan yang dilaksanakan mulai Pukul 11.40 Wita itu bertempat di aula kantor Desa Kuluan. Tahapan kegiatan Pengamanan. Sebelum giat dimulai,  anggota Polsek yang didampingi Anggota Koramil 1618-05 Biboki Utara memberikan himbauan terhadap warga yang datang agar selalu menerapkan protokol kesehatan dengan tetap gunakan masker, cuci tangan sebelum memasuki aula kantor Desa dan setelah di dalam duduk di atur jarak sesuai prokes.

Dalam kesempatan tersebut Kades Kuluan, Yosep Dupe, S.Pd memberikan himbauan kepada masyarakat agar selalu tertib kesehatan. Dia juga menerangkan tentang pentingnya sumber Dana Desa yang akan di bagi terhadap penerima dan ada beberapa perubahan terkait data nama penerima bantuan 2021 ini.

Adapun penerima BLT tahap I ini berjumlah 70 orang dengan rincian penerima per orang sebesar Rp 300.000 dikalikan 5 bulan yakni bulan Januari sampai dengan bulan Mei. Per orang menerima BLT tahap I ini sebesar Rp. 1.500.000.

Selanjutnya, Camat Biboki Feotleu Yakobus Mauk, S.H dalam arahannya, menghimbau terkait pentingnya menaati prokse dan manfaat menggunakan dana BLT sebaik- baiknya, “Pemerintah sangat peduli dengan masyarakat di tengah PANDEMI sehingga diingatkan agar para penerima jangan salah gunakan BLT ini dengan sembarang,”tegasnya.

Kapolsek Biboki Utara Iptu Marchal Ribeiro, SH yang saat itu didampingi Bhabinkamtibmas Desa Kuluan Bripka Suherman, menyampaikan terima kasih kepada warga yang hadir dan telah mematuhi prokes. Kapolsek juga menghimbau agar gunakan BLT dengan sebaik- baiknya,”Masyarakat umum yang menerima BLT harus memberikan contoh yang baik dengan datang memenuhi anjuran Pemerintah untuk mengikuti vaksin sinovac yang akan di laksanakan tanggal 09 Agustus 2021 di Puskesmas Manumean,”tegasnya.

Iptu Marchal Ribeiro, SH juga memberikan ucapkan terimakasih kepada Kepala Desa Kuluan yang telah bersinergi dengan Bhabinkamtibmas serta Linmas Desa dalam melakukan pembangunan posko covid19 Desa yang mana diminta kepada seluruh warga agar selalu mematuhi Prokes agar kita sekalian terhindar dari Covid19.

Turut beri himbauan pendamping Desa Kuluan, Hengki Sesu Fahik, SVD memberi arahan terkait data yang diterima terkait peralihan status warga yang akan menerima BLT agar jangan terjadi tumpang tindih dalam penerima yang akan menjadi kerugian Negara,”Sesuai Undang- Undang, sehingga Kades dan semua warga masing- masing mengkoreksi diri agar Jangan terjadi pendobelan data dalam penerima BLT,”tegasnya.

“Berkaitan dengan penerimaan BLT ini agar digunkana sebaik-baiknya untuk kebutuhan hidup dan penerima BLT harus mematuhi anjuran Pemerintah dengan tertib prokes dan siap di vaksin apabila ada jadwal vaksin untuk warga Desa Kuluan

Di penghujung kegiatan, Kepala Desa Kuluan memberikan arahan secara teknis terkait pembagian BLT Karena data penerima BLT dari 70 orang yang ada telah terjadi perubahan dimana 12 orang yang sudah dikeluarkan dari data penerima BLT dikarenakan ada yang telah menjadi perangkat Desa, BPD, dan ada yang meninggal, Sehigga akan di rembuk bersama RT, RW, BPD dan pendamping Desa agar dana untuk 12 orang itu di berikan kepada siapa yang layak nenerima dan dibuatkan Berita Acara penerima,”Untuk pembagian sementara ini akan di bagikan kepada  58 orang namun 12 orang ini juga hari ini akan di tetapkan dan dibagikan kepada penerima yang layak menerima,”tegasnya.

Giat yang selesai pukul 15.00 wita itu dihadiri oleh Camat Biboki Feotleu Yakobus Mauk, SH beserta staf Kecamatan Biboki Feotleu, Kapolsek Biboki Utara Iptu Marchal Ribeiro, SH bersama Bhabin Kamtibmas Desa Kuluan Bripka Suherman, Danramil 1618-05 Biboki Utara yang diwakili oleh Peltu Agus Pereira bersama Bhbabinsa Desa Kuluan Serda Arnol, Kepala Desa Kuluan Yosep Dupe, Spd dan Sekdes Guido Manehat beserta perangkat Desa Kuluan, Ketua BPD Desa Kuluan Dionisius Tulasi bersama anggota BPD Kuluan, Pendamping Desa Kuluan Hengki Sesu Fahik, SVD, dan Para penerima BLT tahap I dan RT, RW dan BPD Desa Kukuan.