Rencana Pengamanan Kunjungan Presiden : Polres TTU Maksimalkan Kekuatan Personil

Rencana Pengamanan Kunjungan Presiden : Polres TTU Maksimalkan Kekuatan Personil
Kapolres TTU AKBP Moh. Mukhson, S.H.,S.I.K.,M.H. dan Dandim 1618 TTU Letkol Arm Didit Prasetyo Purwanto, S.E. saat memberi arahan kepada personil Pam Kunjungan Presiden

Kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan besok, Rabu 02 Oktober 2024 dalam rangka meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Napan, sebagai agenda utama. Peresmian PLBN Napan merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam memperkuat kedaulatan negara melalui pembangunan infrastruktur di kawasan perbatasan. Selain itu Presiden Jokowi berencana mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kefamenanu; untuk meninjau langsung pelayanan kesehatan di Kabupaten TTU.

Sebanyak 159 personel Polres Timor Tengah Utara (TTU) dilibatkan dalam Apel Rencana Pengamanan (Renpam) terkait kunjungan kerja Presiden Jokowi tersebut. Bergabung dengan Kodim 1618 TTU dan Kompi Senapan C Yonif 744, rencana pengamanan dibagi dalam tiga lapis sesuai standard protokol pengamanan VVIP. Setiap lapis pengamanan memiliki tugas khusus, mulai dari pengamanan terdekat dengan Presiden hingga pengawasan di sekitar lokasi kegiatan.

Renpam selama kunjungan Presiden Jokowi tidak hanya di lokasi kegiatan, tetapi juga mencakup jalur lalu lintas yang akan dilalui oleh rombongan Presiden. Pada setiap 100 meter akan ditempati personel pengamanan dari Kodim 1618 dan Polres TTU untuk memastikan kelancaran dan keamanan rombongan yang akan melintas; sementara personel Satpol PP disiapkan untuk membantu menertibkan masyarakat sekitar lokasi kegiatan dan Dinas Perhubungan disertakan untuk membantu mengatur kelancaran arus lalu lintas.

Kapolres TTU AKBP Moh. Mukhson, S.H.,S.I.K.,M.H menyampaikan bahwa kegiatan pengamanan ini akan dimaksimalkan dan disesuaikan dengan kekuatan personel serta kondisi lapangan “semua personel telah dibagi ke tiap titik pengamanan sesuai standard protokol pengamanan VVIP” lanjut Kapolres.  

Secara keseluruhan sistem pengaman kunjungan Presiden Jokowi ke wilayah Kabupaten TTU telah direncanakan secara matang, dengan melibatkan berbagai elemen keamanan dan menerapkan protokol pengamanan berlapis, diharapkan seluruh rangkaian kunjungan Presiden dapat berjalan dengan aman, tertib, dan lancar.