Antisipasi Bencana, Kapospol Haekto Monitor dan Komunikasi Lintas Sektor

Antisipasi Bencana, Kapospol Haekto Monitor dan Komunikasi Lintas Sektor
Ilustrasi ggl

Tribratanewsttu.com- Dalam rangka mengantisipasi kerawanan potensi terjadinya bencana tanah longsor dan banjir, Kapospol Haekto Bripka Bernabe Da Costa turun langsung ke masyarakat guna melakukan monitoring dan komunikasi lintas sektor, Minggu (27/2/2022).

Kegiatan pantau situasi rawan bencana alam yang dimulai sekira pukul 14.00 wita tersebut tidak hanya dilakukan di wilayah hukum Polsek Noemuti, namun juga di wilayah Noemuti Timur khususnya di wilkum Pospol Haekto yang merupakan wilayah dekat aliran sungai. 

Kapolsek Noemuti Iptu I Wayan Guna menjelaskan, berdasarkan laporan dari Kapospol Haekto Bripka Bernabe Da Costa  bahwa sejak kemarin sore (Sabtu) hingga malam curah hujan sangat besar dan cukup mengkhawatirkan terjadinya bencana.

"Tetapi berdasarkan pantauan kapospol dan berdasarkan informasi dari warga masyarakat sekitar belum ada  laporan tentang terjadinya banjir maupun tanah longsor atau pohon tumbang. Memang sampai saat ini kali atau sungai Haekto  debit airnya masih besar dan warna airnya masih keruh tetapi masih wajar-wajar saja.Sampai saat ini situasi masih relatif aman," ujarnya.

Dikatakannya, hasil monitoring dan komunikasi lintas sektor kecamatan dan desa guna mengantisipasi potensi bencana alam banjir maupun tanah longsor akibat cuaca ekstrim, secara umum masih terpantau aman dan kondusif.

"Menghimbau warga agar tetap waspada sepanjang cuaca extrim masih berlangsung dan melarang warga untuk beraktifitas di sepanjang bantaran kali. Melaporkan sesegera mungkin jika terjadi bencana banjir , tanah longsor dan bencana lainnya serta memberikan tanda peringatan (jalan rawan longsor atau hati-hati saat melintas," tutupnya. 

Gerakan Polres TTU Semangat Melayani