Cegah Nelayan Mencari Ikan Melewati Zona Perbatasan Negara, Kapolsek Insana Lakukan Patroli

Cegah Nelayan Mencari Ikan Melewati Zona Perbatasan Negara, Kapolsek Insana Lakukan Patroli
Anggota Polsek Insana saat melaksanakan kegiatan patroli laut di perairan laut Wini, Desa Humusu Wini, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Kamis (5/5/2022). (Foto: TNC)

Tribratanewsttu.com- Kapolsek Insana Iptu Yohanes Bara Puka bersama anggota melaksanakan kegiatan patroli laut di perairan laut Wini, Desa Humusu Wini, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Kamis (5/5/2022). 

Tujuan patroli yakni untuk mencegah dan memastikan masyarakat lokal yang mencari ikan tidak melewati zona perbatasan negara antara RI-RDTL. 

Dalam kegiatan yang dilaksanakan mulai pagi hari pukul 09.00 wita tersebut, juga dilakukan pemeriksaan dan pengecekan kelengkapan Speedboat. "Pemeriksaan Speedboat dimulai dari pemeriksaan, kebersihan, fisik kapal, mesin, kelengkapan kapal dalam pelaksanaan berlayar," jelas Iptu Yohanes Bara Puka.

Lebih lanjut Iptu Yohanes Bara Puka, menjelaskan, dalam hasil pengecekan Speedboat dalam keadaan baik dan lengkap. Selanjutnya, Kapolsek Iptu Yohanes bersama anggota melakukan patroli seputar laut Wini yang berbatasan langsung dengan laut Distrik Oecusse (TLS) untuk mengetahui keadaan perbatasan laut, serta cuaca di laut wini.

"Tujuan pelaksanaan pengecekan speedboat dan Patroli Laut perbatasan wini RI-RDTL Oecusse antara lain agar kapal Speedboat bhabinkamtibmas selalu terawat dan siap sedia di untuk pergunakan. Agar para nelayan lokal di pantai wini RI-RDTL Oecusse berlayar mencari ikan tidak melewati zona perbatasan antar negara. Dan, melaksanakan pengecekan para nelayan agar tidak menggunakan bahan peledak atau Bom," ujarnya

Hasil yang didapatkan dalam pelaksanaan patroli laut wini RI-RDTL Oecusse, kata Iptu Yohanes Bara Puka, tidak ditemui kapal nelayan dari Wini dan kapal nelayan pantai Makasar RDTL yang berlayar dan berlabu di batas laut antar kedua negara. Selain itu, dalam pelaksanaan patroli, cuaca laut berangin kencang. "Para nelayan lokal wini menangkap ikan tidak ditemukan menggunakan bantah peledak," pungkasnya. 

Pada pukul 12.00 WITA pelaksanaan pengecekan dan patroli laut menggunakan speedboat selesai dalam keadaan aman dan lancar. (*/TNC)

Gerakan Polres TTU Semangat Melayani