Gelar Kegiatan Police Goes to Campus, Kapolres TTU Dengar Curhat Mahasiswa Unimor

Gelar Kegiatan Police Goes to Campus, Kapolres TTU Dengar Curhat Mahasiswa Unimor
Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik, M.H pose bersama mahasiswa Unimor usai kegiatan Police Goes To Campus bertajuk Ngopi Curhat Bareng Polisi Mendengar, Jumat (11/11/2022). (Foto: TNC)

Tribratanewsttu.com - Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik, M.H mendengar sejumlah curahan isi hati (Curhat) terkait pelayanan kepolisian dari para mahasiswa Universitas Timor (Unimor), Jumat (11/11/2022). Curhat tersebut disampaikan saat kegiatan Police Goes To Campus bertajuk Ngopi Curhat Bareng Polisi Mendengar (Ngechat). 

Kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 09.00 wita tersebut bertempat di ruang rapat lantai 3 Fakultas Pertanian (Faperta) Kampus Unimor. Hadir Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik., M.H, Kepala BRI Cabang Kefamenanu, Abid Rahman Martono dan Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan, Krisantus Tri Pambudi Raharjo, S.P., M.Sc.

Selain itu, hadir pula dalam kegiatan yang dipandu oleh Agustinus Misa, S.Fil, yakni Kasat Binmas Polres TTU AKP I Made Wijana Santa, S.H, Kasat Reskrim Polres TTU, Iptu Fernando Oktober, Kasat Lantas Polres TTU, Iptu Rahmad Agung Ibrahim, Kasat Intel Polres TTU, Iptu Thobias Ndolu Eoh dan Kasi Humas Polres TTU, Iptu I Ketut Suta.

Dengan suasana santai, kegiatan dibuka oleh Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan, Krisantus Tri Pambudi Raharjo, S.P., M.Sc. Dilanjutkan pemaparan oleh Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik., M.H kemudian tanya jawab oleh mahasiswa dan Kapolres TTU beserta para Kasat yang dibagi dalam dua sesi.

Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik., M.H menjelaskan, kegiatan tersebut terselenggara dengan menggandeng pihak BRI cabang Kefamenanu. "Saya memilih Unimor karena ade-ade ini (Mahasiswa) adalah generasi penerus bangsa. Bagaimana di pundak mereka bangsa kita maju untuk menjadi bangsa yang besar," ungkapnya.

"Kami perlu menerima masukan ataupun saran dari mereka (Mahasiswa) bagaimana polisi ke depannya. Mereka mau bagaimana, sehingga kami bisa memberikan pelayanan yang terbaik. Bersyukur bisa diterima dengan baik," ujarnya.

Hal-hal yang disampaikan dalam kegiatan ngopi bareng tersebut, jelas Kapolres TTU AKBP Mukhson, seperti, terkait bagaimana menjadi Polisi yang humanis, pelayanan yang cepat dan profesional, bagaimana kehadiran polisi di tengah masyarakat, serta bagaimana memberikan sosialisasi serta edukasi termasuk pengurusan SIM dan lainya. 

Lebih lanjut mantan Kasat Lantas Polres Gorontalo ini, menjelaskan, adanya rasa kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Polri khususnya Polres TTU namun masih ada oknum polisi yang belum hadir di tengah masyarakat ketika dibutuhkan dan pelayanan kurang cepat. "Ini sebagai evaluasi, ke depan pelayanan kita harus humanis, harus hadir di tengah masyarakat dan banyak memberikan pemahaman dan edukasi," tegasnya.

Disinggung apakah masih ada kegiatan lanjutan di Kampus Unimor, Kapolres TTU AKBP Mukhson dengan tegas mengatakan bahwa akan terus menjemput bola. "Saya berkomitmen, kita harus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, bagaimana kita berikan pelayanan kepada masyarakat kalau tidak ada koreksi," tegasnya. 

"Harapannya bagaimana (Masyarakat) bisa menjadi polisi bagi diri sendiri. Terus terang jumlah kita terbatas sehingga tidak setiap saat bisa hadir untuk melindungi masyarakat. Kami juga berikan nomor telepon sehingga kalau ada komplain jangan sungkan untuk melaporkan kepada kami," ujarnya.

Margaretha Laga, selaku Koordinator Bagian Umum dan Keuangan Unimor mewakili Sivitas Akademika mengucapkan terima kasih kepada pihak Polres TTU atas kegiatan yang sudah dilaksanakan. "Terima kasih kepada Pak Kapolres yang sudah hadir di tengah-tengah kami untuk memberikan edukasi dan pencerahan kepada mahasiswa karena mereka masih muda sehingga mudah terpengaruh," pungkasnya.

"Semoga ke depan lebih ditingkatkan patroli-patroli di sekitaran Kampus (Unimor) karena masih ada pelanggaran-pelanggaran kecil dari luar kami tidak bisa menanggulanginya," ujarnya.

Sementara itu, Kepala BRI Cabang Kefamenanu, Abid Rahman Martono menambahkan bahwa BRI Kefamenanu, Polres TTU dan Unimor selama ini merupakan mitra kerja yang sudah terjalin cukup baik. "Ketika Polres TTU ingin melakukan kegiatan untuk meningkatkan pelayanan maka BRI sangat support," tutupnya. (*/TNC)

Gerakan Polres TTU Semangat Melayani