Jelang Pesta Demokrasi, Kapolres TTU Imbau Pengurus Parpol DPC Demokrat TTU Bantu Jaga Kamtibmas

Jelang Pesta Demokrasi, Kapolres TTU Imbau Pengurus Parpol DPC Demokrat TTU Bantu Jaga Kamtibmas

Tribratanewsttu.com - Menjelang momen pesta demokrasi pemilihan presiden, kepala daerah hingga pemulihan legislatif yang akan dilaksanakan pada awal tahun 2024 mendatang, Kapolres TTU AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik., M.H mengajak pengurus DPC Partai Demokrat Kabupaten TTU untuk membantu menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat agar tetap aman dan kondusif.

"Kami mengharapkan kepada Partai Demokrat beserta seluruh pengurus dan simpatisan untuk dapat menjaga situasi Kamtibmas. Apabila situasi Kamtibmas kondusif maka pembangunan di Kabupaten TTU dapat berjalan aman dan lancar," jelas Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik., M.H saat melakukan silaturahmi ke sekretariat DPC Partai Demokrat Kabupaten TTU di pasar baru, Kelurahan Benpasi, Kecamatan Kota Kefamenanu, Kabupaten TTU, Senin (21/8/2023).

Mantan Kasubdit IV Remaja Anak dan Wanita (Renakta) Polda NTT ini mengatakan, bahwa Kabupaten TTU merupakan peringkat pertama sangat rawan dalam Pemilu. Berbicara tentang Kamtibmas merupakan leading sektor adalah Kepolisian namun Polri tidak mungkin bekerja sendirian. 

Oleh karena itu, Kapolres TTU mengharapkan kepada ketua DPC dan seluruh pengurus Partai Demokrat dapat membantu menjaga situasi tetap aman dan kondusif. "DPC Partai Demokrat di pemilu tahun 2019 memperoleh suara 5%," jelas Kapolres TTU. 

Sementara itu, Ketua DPC Kabupaten TTU Donatus Dinyo Nurak mengatakan, sekretariat DPC Demokrat Kabupaten TTU baru pindah 1 bulan ke tempat baru. Karen itu, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Kapolres TTU yang telah berkunjung. "Kami mengapresiasi kunjungan ini," jelas Dinyo Nurak. 

Sementara itu, pengurus DPC Demokrat Kabupaten TTU Yohanes Salem mengaku menangkap pesan penting yang disampaikan Kapolres TTU tentang Kamtibmas yang mana perlu ada kerjasama dan kolaborasi antara partai politik dan pihak kepolisian dalam hal ini Polres TTU untuk bersama-sama menjaga sitkamtibmas agar tetap aman dan kondusif menjelang maupun setelah pemilu berlangsung.

"Pada bulan November masuk tahap sosialisasi  caleg di dan di tanggal 14 februari tahun 2024 akan dilakukan pencoblosan. Proses itu akan menimbulkan gesekan. Karena itu, perlu adanya kerjasama dan koordinasi. Mari kira cari jalan damai sehingga ketertiban dan keamanan bisa terus kita jaga bersama," ujarnya. 

Hal senada disampaikan pengurus DPC Demorkrat TTU lainya, Yosti Meol yang meminta agar ada lagi pertemuan bersama Kapolres TTU, Bawaslu dengan para bakal calon sehingga nantinya dalam tahap melakukan Kampanye agar sesuai dengan aturan yang berlaku. "Bagaimana penjelasan penyelesaian kasus pelanggaran pemilu di tingkat Kecamatan oleh Polri dan Panwas sehingga nantinya para bakal calon dapat memahami dengan jelas," pintanya. 

Kapolres TTU menanggapi bahwa akan jadwalkan ulang sesuai permintaan mengenai pertemuan bakal calon dengan Polri serta Bawaslu. "Panwas akan melakukan pengkajian yang melibatkan Tim Gakumdu yang terdiri dari Polri, Kejaksaan, dan Bawaslu sehingga dalam proses penegakan pelanggaran Pemilu memang tidak sembarangan. Penyelesaian tersebut harus dikaji apakah memenuhi unsur pelanggaran Pemilu atau tidak sehingga jika terpenuhi adanya pelanggaran Pemilu maka akan di proses sesuai hukum," pungkasnya. .

Pada momen kunjungan perdana ke parpol tersebut, Kapolres TTU AKBP Moh. Mukhsin juga menghimbau terkait peran serta parpol dalam menjaga dan bersama-sama menciptakan situasi Kamtibmas agar dalam proses pemilihan presiden, kepala daerah maupun legislatif dapat berjalan dengan aman dan lancar dan kondusif.

"Kalau pemilihannya berjalan aman dan kondusif maka pembangunan juga dapat berjalan dengan baik dan lancar," tutupnya. 

Pertemuan yang dilaksanakan hingga pukul 12.50 wita tersebut dihadiri oleh Ketua DPC Donatis D. G Nurak, Kasat Intel Polres TTU IPTU Anyer D. Nenobais, Kasi Humas IPTU I Ketut Suta, Pengurus DPC Partai Demokrat Kabupaten TTU dan para simpatisan Partai Partai Demokrat Kabupaten TTU. 

Polres TTU Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat.