Jumat Curhat di Desa Banfanu, Kapolres TTU Sampaikan Pesan Kamtibmas dan Peran Restoratif Justice

Jumat Curhat di Desa Banfanu, Kapolres TTU Sampaikan Pesan Kamtibmas dan Peran Restoratif Justice

Tribratanewsttu.com - Satuan Polres TTU kembali melaksanakan kegiatan Jumat Curhat yang digelar di Desa Banfanu, Kecamatan Noemuti, Kabupaten TTU, Jumat (24/2/2023). 

Kegiatan yang mulai dilaksanakan sekira pukul 10.00 wita tersebut bertempat di Kantor Desa Banfanu. Hadir Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik., M.H., para Pejabat Utama (PJU) Polres TTU, Kepala Desa, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, tokoh adat dan pihak terkait lainya. 

Dalam kegiatan bertajuk Ngopi Curhat Bareng Polisi Mendengar (Ngechat) tersebut menjelaskan, kegiatan Jumat Curhat sebagai wadah yang diberikan oleh Polri khususnya Polres TTU untuk bisa lebih mendekatkan diri kepada masyarakat.

Kapolres TTU AKBP Moh. Mukhson juga menjelaskan terkait pentingnya pemahaman soal rambu-rambu lalu lintas dan kehadiran Polri harus mampu memberikan solusi kepada masyarakat. 

Selain itu, lulusan Akpol 2004 ini juga menekankan pentingnya peranan restoratif justice dengan mengedepankan kearifan lokasi yang melibatkan unsur terkait. "Penyelesaian masalah secara restoratif justice harus ada administrasinya. Kalau tidak ada,  pemeriksaan dari Polda atau dari Mabes maka kita bisa diperiksa. Kalau ada masalah dalam keluarga bisa disampaikan supaya tidak berkepanjangan," tegasnya.

Saat menyampaikan pesan Kamtibmas, Kapolres TTU AKBP Moh. Mukhson menyampaikan kepada masyarakat yang hadir agar bisa menjaga Kamtibmas, karena dalam bulan Mei akan berlangsung Pilkades, selanjutnya Pemilu Serentak pada tahun 2024.

"Di Bulan Mei akan dilaksanakan Pilkades, tahun 2024 akan dilaksanakan pemilu secara serentak. Pemilu itu pesta. Boleh beda pilihan. Boleh beda calon tapi harus rukun," tegasnya. 

Salah satu warga Desa Banafanu, Yohanes Lopiz saat diberi kesempatan mengajukan pertanyaan terkait dengan kamtibmas mengapresiasi pihak Kepolisian dengan adanya curhat jumat tersebut sehingga masyarakat bisa langsung menyampaikan hal hal langsung bersentuhan dengan kamtibmas.

Kami apresiasi Kapolres TTU yang hari ini hadir bersama kami untuk mendengar curhatan kami, kami juga perlu sampaikan bahwa menjelang pemilihan kepala desa, di wilayah kami ini masih dalam keadaan kondusif aman,"ujarnya.

Warga masyarakat lainya, Agustunus Metboki juga mempertanyakan soal keamanan dan ketertiban serta pengurusan SIM. Pertanyaan tersebut pun dijawab oleh KBO Lantas Polres TTU dan Kapolres TTU dengan rinci dan jelas serta memberikan solusi. 

Polres TTU Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat