Jumat Curhat Tingkat Polres TTU di Masjid Nurul Iman Kiupukan, Kapolres TTU Imbau Jaga Kamtibmas Jelang Pemilu

Jumat Curhat Tingkat Polres TTU di Masjid Nurul Iman Kiupukan, Kapolres TTU Imbau Jaga Kamtibmas Jelang Pemilu

Tribratanewsttu.com - Kepolisian Resort Timor Tengah Utara (TTU) kembali melaksanakan kegiatan Jumat Curhat di wilayah hukum Polsek Insana, Jumat (8/12/2023). 

Kali ini, kegiatan bertajuk Ngopi Curhat Bareng Polisi Mendengar (Ngechat) yang dilaksanakan mulai pukul 12.40 wita tersebut bertempat di Masjid Nurul Iman Kiupukan, Desa Manunain A, Kecamatan Insana, Kabupaten TTU.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik., M.H, Kabagren Polres TTU, Kabag SDM Polres TTU, Kasat Lantas Polres TTU, Kasat Narkoba Polres TTU, KBO Reskrim Polres TTU, Kapolsek Insana, Kanit SPKT Polres TTU, Imam Masjid Nurul Iman Kiupukan dan para  Umat Masjid Nurul Iman Kiupukan. Jumat Curhat dibuka oleh pengurus Masjid Nurul Iman Kiupukan.

Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik., M.H menjelaskan, Jumat Curhat bertujuan untuk Polri mendekatkan diri kepada masyarakat, serta mendengar Aspirasi atau masukan dari Masyarakat khususnya Jemaah Nurul Iman Kiupukan dengan Pelayanan dan Pengaduan baik di Polsek Insana maupun di Polres TTU agar terciptanya Kamtibmas yang kondusif di wilayah Kecamatan Insana, khususnya dan Kabupaten TTU umumnya.

Terkait Pelayanan menyangkut Pengaduan akan suatu kejadian Tindak Pidana ( Kejahatan dan Pelanggaran lainnya) bisa menggunakan layanan mobile. 

"Dulu harus langsung datang ke kantor untuk menyampaikan hal tersebut. Kalau sekarang kita sudah dikasih kemudahan dengan adanya Handphone dan jaringan seluler sehingga bisa dilakukan komunikasi dengan aparat yang mungkin Pak ustad atau para Jemaah kenal. Sehingga bisa langsung disampaikan terkait kejadian," jelasnya. 

Kalau mau langsung ke kantor Polres TTU kami juga sudah menyediakan kontak yang bisa diakses atau dihubungi langsung oleh masyarakat yaitu dengan menghubungi Operator 110 Polres TTU terkait kejadian - kejadian yang terjadi. Tetapi perlu diingat bahwa kejadian atau peristiwa yang terjadi harus yang benar-benar terjadi sehingga bisa direspon dengan cepat tindakan apa yang perlu kami bantu atau lakukan untuk langkah pencegahannya," tambahnya. 

Terkait tindak pidana perdagangan orang (TPPO), masyarakat dapat menanyakan identitas orang yang melakukan perekrutan dan juga perusahaan penyedia TKI tersebut agar terhindar dari bahaya TPPO. 

"Apa bila ada yang mengalami atau mengetahui hal tersebut, agar Segera melaporkan  kepada pihak yang berwewenang setempat atau bisa langsung menghubungi Bhabinkamtibmas, ataupun Pemerintah Desa setempat untuk bisa segera di tindak lanjuti," ujarnya. 

Hal penting lainya terkait dengan pemilu 2024. "Saat ini kita semua tau bahwa tahun ini adalah tahun Politik terutama sekarang kita sudah memasuki tahapan pesta demokrasi, yang mana sekarang sudah masuk pada tahap kampanye,  karena itu kami dari pihak Kepolisian selalu mengharapkan keamanan dari bapak - ibu sekalian yang ada di wilayah kecamatan Insana untuk tetap menjaga Kamtibmas agar tetap kondusif," tutupnya. 

Pukul 13.30 wita,  giat jumat curhat selesai, selanjutnya Kapolres TTU bersama rombongan meninggalkan wilayah hukum Polsek Insana menuju Mako Polres TTU. 

Polres TTU Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat.