Kabupaten TTU Wakili NTT Ikut Lomba Kampung Tangguh Tertib Lalu Lintas, Kapolres Berkomitmen Jadi Juara

Kabupaten TTU Wakili NTT Ikut Lomba Kampung Tangguh Tertib Lalu Lintas, Kapolres Berkomitmen Jadi Juara
Bupati TTU Drs. Juandi David saat melakukan pengguntingan pita sebagai tanda diresmikannya Kampung Tangguh Tertib Lalu Lintas di Jalan Sisingamangaraja, Kampung Alor, Kelurahan Kefamenanu Selatan-TTU, Rabu (9/3/2022). (Foto: Tribratanewsttu.com)

Tribratanewsttu.com- Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) terpilih mewakili Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam lomba Kampung Tangguh Tertib Lalu Lintas tingkat Nasional yang digelar oleh Kepolisian Republik Indonesia tahun 2022. Dalam lomba ini, Kapolres TTU Kapolres TTU AKBP Mohamad Mukson S.IK, S.H, M.H, berkomitmen menjadi juara. 

Hal ini dibuktikan dalam kegiatan Peresmian Kampung Tangguh Tertib Lalu Lintas yang digelar di jalan Sisingamangaraja, Kelurahan Kefamenanu Selatan, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Rabu (9/3/2022). Dua kelurahan terpilih menjadi lokasi lomba yakni Kelurahan Kefamenanu Selatan dan Kelurahan Benpasi.

Kegiatan pembukaan yang dimulai pukul 13.58 wita itu dilaksanakan di Markas Banser. Dihadiri oleh Bupati TTU Drs. Juandi David, Wakil Bupati Drs. Eusabius Binsasi, Ketua DPRD TTU Hendrikus F. Bana, S.H., Kepala Kejaksaan Negeri Kefamenanu Kajari Kabupaten TTU, Robert Jimmy Lambila,S. H, M.H, Dandim 1618/TTU Letkol Arm Laode Irwan H, S.I.P., M.Tr(Han) dan perwakilan Pengadilan Negeri Kefamenanu dan Kapolres TTU AKBP Mohamad Mukson S.IK, S.H, M.H. 

Turut hadir Para Kepala Dinas, Camat Kota Kefamenanu, para lurah se-Kecamatan Kota Kefamenanu, Pimpinan BRI cabang Kefamenanu, Kepala Jasa Raharja, masyarakat serta tokoh pemuda Formasi Anak Terminal (Foranter) dan para Ibu-ibu Bhayangkari Cabang TTU. 

Kegiatan yang dilaksanakan hingga pukul 15.00 wita tersebut diawali sambutan oleh Bupati TTU, Drs. Juandi David, dilanjutkan pemotongan pita Kampung Tangguh Tertib Lalu Lintas dan pose bersama. Acara dimeriahkan dengan sumbangan lagu oleh sejumlah pimpinan Forkopimda yang hadir. 

Bupati TTU Drs. Juandi David saat diwawancarai wartawan, menjelaskan, pemerintah Kabupaten TTU mendukung sepenuhnya tentang Kampung Tertib Lalu Lintas yang dilakukan oleh Polri di Kabupaten TTU. "Selama ini kita pengguna jalan di Kabupaten TTU tertib lalu lintas. Di Kabupaten TTU sudah cukup bagus sehingga menjadi ukuran untuk penilaian Polri," ungkap Bupati TTU.

"Harapan kita kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan peluang ini sebaik-baiknya dengan tertib lalu lintas dan tertib protokol kesehatan (Prokes) di Kabupaten Timor Tengah Utara," ujar Bupati Juandi. 

Kapolres TTU AKBP Mohamad Mukson S.IK, S.H, M.H, manambahkan, Polres TTU berkomitmen untuk menjadi juara dalam kegiatan tersebut. "Ini membawa nama TTU khususnya Provinsi NTT bahwa kita harus bisa menciptakan tertib lalu lintas dan ini semua adalah kerjasama seluruh stake holder," ungkapnya. 

"Kita terus memberikan arahan kepada masyarakat (Tertib berlalu lintas) sehingga bisa diikuti oleh kecamatan-kecamatan yang lain sehingga bisa menjadi contoh bagi yang lain khususnya di Kabupaten TTU," ujar Kapolres Mukhson. 

Kasat Lantas Polres TTU AKP Firamuddin S.H., menambahkan, item-item yang menjadi indikator penilaian sudah disiapkan semuanya semaksimal mungkin. Menjadi lokasi atau jalur penilaian yakni dimulai dari depan Rutan sampai di Pos Tulip. "Sepanjang jalur itu kita sudah pasang Piranti Lunak antara lain himbauan-himbauan dan spanduk-spanduk yang berisikan himbauan," singkatnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai dari Korlantas Polri Kombes Pol. Dodi Daryanto S.Ik, menjelaskan, Lomba Kampung Tertib Lalu Lintas yang digelar di seluruh Indonesia, Kabupaten TTU merupakan salah satu peserta mewakili NTT. "Pada prinsipnya hasil pengamatan secara umum sudah baik, baik dari marka jalan, rambu-rambu. Upaya yang dilakukan oleh Forkopimda dalam upaya keselamatan lalu lintas di jalan sudah baik. Mudah-mudahan Kabupaten TTU menjadi sang juara dalam lomba ini," ungkapnya. 

"Lomba ini diikuti oleh 500 sekian Kabupaten di seluruh Indonesia. Tapi intuk NTT Kabupaten ini (TTU) yang terpilih karena berdasarkan penilaian dari Polda NTT dianggap Kabupaten TTU yang terbaik (Tertib Lalu lintas) dari Kabupaten lain yang ada di NTT sehingga dapat mewakili provinsi NTT," ujarnya. (**)

 

* Lurah Kefa Selatan dan Lurah Benpasi Apresiasi dan Mendukung

Lurah Benpasi Yos Bani saat diwawancarai Tribratanewsttu.com menjelaskan, pihaknya sangat memberikan apresiasi kepada Polri yang telah memilih Kabupaten TTU untuk menjadi peserta lomba Kampung Tangguh Tertib Lalu Lintas. Sebagai bentuk dukungan pihaknya akan selalu menghimbau kepada masyarakat untuk sadar untuk tertib berlalu lintas.

Hal lain yang tidak kalah penting, kata Yos Bani, akan memberikan himbauan kepada masyarakat untuk selalu taat protokol kesehatan seperti menggunakan masker saat mengendarai kendaraan di jalan umum. Pasalnya, Covid-19 hingga saat ini masih mengancam. 

Hal senada disampaikan Lurah Kefa Selatan, Marselinus Mabe, bahwa suatu kebanggan dan tantangan tersendiri bagi Kelurahan Kefamenanu Selatan yang menjadi lokasi atau jalur lomba Kampung Tangguh Tertib Lalu Lintas.

"Kami sangat senang karena dengan adanya lomba ini khususnya lokasi jalur di Kelurahan Kefa Selatan maka dengan sendirinya akan berdampak pada berkurangnya angka kecelakaan. Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang dicanangkan oleh Pak Kapolri ini," ujarnya. (**)

Gerakan Polres TTU Semangat Melayani