Kapolres TTU Hadiri Pembukaan TMMD ke-113

Kapolres TTU Hadiri Pembukaan TMMD ke-113
Bupati TTU Drs. Juandi David saat membuka kegiatan TMMD ke-113 yang ditandai dengan pemukulan gong di aula Makodim 1618/TTU, Rabu (11/5/2022). (Foto: TNC)

Tribratanewsttu.com- Kapolres TTU AKBP Moh. Mukhson S.H.,S.Ik., M.H bersama Kasat Lantas Polres TTU Iptu M. L. Petterson Riwu, S.H., menghadiri pembukaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113 tahun anggaran 2022 di Aula Makodim 1618/TTU, Rabu (11/5/2022).

Kegiatan pra TMMD ke-113 sudah dilaksanakan mulai tanggal 25 April hingga 8 Mei 2022 lalu. Sementara untuk pelaksanaannya baru dimulai pada tanggal 11 Mei dan akan berakhir pada 9 Juni 2022 mendatang. Pembukaan kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati TTU Drs. Juandi David yang ditandai dengan pemukulan gong. 

Dalam kegiatan yang dimulai pukul 09.38 wita tersebut dihadiri oleh Bupati TTU Drs. Juandi David, Wakil Bupati TTU Drs. Eusabius Binsasi, Dandim 1618/TTU Letkol Arm. Laode Irwan Halim S.I.P, M.Tr (Han),Pasi Bhakti Korem 161/WS Kupang Mayor Caj I Nyoman Nurtaya, Ketua PN Kefamenanu I Made Aditya Nugraha, S.H., M.H, perwakilan Kejaksaan Negeri Kefamenanu, Perbankan dan pihak terkait lainya. 

Bupati TTU Drs. Juandi David dalam sambutannya, menjelaskan, dua pembangunan fisik dalam kegiatan TMMD ke-113 tersebut berupa pembangunan satu unit Kapela dan pembangunan jalan betonisasi. Pembangunan tersebut, lanjut Bupati Juandi, akan berdampak positif bagi kehidupan masyarakat khususnya pada segi iman yang mana umat akan lebih nyaman beribadah. Selain itu, dari segi aksesibilitas petani dalam upaya memasarkan hasil pertaniannya. 

"Saya menghimbau masyarakat yang berada di kecamatan Insana Utara khususnya desa Humusu Sainiup untuk bersama-sama, bahu-membahu, bergotong royong dengan TNI dalam menyukseskan kegiatan TMMD yang ke-113 tahun ini," ujar Bupati Juandi. 

Kegiatan TMMD, demikian kata Bupati Juandi, sejatinya tidak hanya untuk membangun fisik semata namun lebih dari itu yakni membangun kemanunggalan TNI dan masyarakat yang merupakan modal yang paling penting dalam pembangunan daerah dan NKRI.

Dandim 1618/TTU Letkol Arm. Laode Irwan Halim S.I.P, M.Tr (Han) dalam sambutannya, menjelaskan, sasaran kegiatan TMMD ke-113 tahun 2022 ini berlokasi di Desa Humusu Sainiup, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten TTU. Sasaran berupa pembangunan satu unit kapela dengan panjang 25 meter, lebar 12 meter dan tinggi 4,5 meter. 

Selain pembangunan Kapela, juga dilakukan peningkatan jalan betonisasi jalan desa dengan ukuran panjang 500 meter, lebar 3 meter dan tinggi 15 cm. Sementara untuk sasaran non fisik, berupa penyuluhan hukum, penyuluhan kesehatan dan prokes, penyuluhan narkoba, penyuluhan wawasan kebangsaan. 

Tidak hanya itu, ada pula penyuluhan pencegahan dan penanganan penanggulangan radikalisme dan terorisme, penyuluhan bencana alam, penyuluhan lingkungan hidup, penyuluhan ketahanan pangan, penyuluhan, stunting, Sosialisasi rekrutmen TNI serta penyuluhan posyandu.

Usai pembukaan di Makodim 1618/TTU  dilanjutkan peninjauan ke lokasi TMMD ke-113 di Desa Humusu Sainiup, Kecamatan Insana Utara. Terlihat pihak kepolisian sektor Insana Utara sudah berada di lokasi. Ada yang sibuk membantu mengangkat kerikil dan pasir untuk dicampur. 

Sebagai catatan, Kapela yang dibangun tersebut bernama Kapela Stasi Leo Agung Paismoen, Paroki Manamas. Jumlah umat setempat sekitar 320 Kk dengan 6 lingkungan. Umat setempat sudah 15 tahun lamanya merindukan pembangunan gedung kapela yang baru. Pembangunan Kapela yang baru tersebut, merupakan kali ke tiga setelah dua kali sebelumnya gagal karena kekurangan anggaran. (***)

Gerakan Polres TTU Semangat Melayani.