Kapolres TTU : Kiranya Penyelenggaraan Pemilu 2024 Dapat Berjalan Aman dan Lancar

Kapolres TTU : Kiranya Penyelenggaraan Pemilu 2024 Dapat Berjalan Aman dan Lancar

Tribratanewsttu.com - Satuan Polres Timor Tengah Utara (TTU) melaksanakan kegiatan Apel Gelar Pasukan Mantap Brata 2023-2024, Pembacaan Ikrar, atau penandatanganan Pemilu damai dan simulasi sistem pengaman kota dalam rangka pemilu 2024 tingkat Polres TTU, Selasa (17/10/2023).

Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik., M.H saat diwawancarai awak media menjelaskan, kiranya penyelenggaraan pemilu 2024 dapat berjalan dengan aman dan lancar. 

Kegiatan simulasj Sispam Kota diantaranya yang namanya Proses yang namanya tahapan kampanye harus dilakukan seperti apa tatkala terjadi permasalahan, yang kedua adalah proses pemungutan suara bagaimana situasi dan kondisi di TPS apabila terjadi permasalahan, yang ke tiga adalah proses pendistribusian logistik. 

"Karena wilayah kita merupakan wilayah pegunungan maka tentu membutuhkan pengamanan yang ekstra dengan mengantisipasi kejadian-kejadian seperti perebutan kotak suara maka kita perlu antisipasi," ujar Kapolres TTU.

Yang terakhir, demikian Kapolres TTU, yakni penetapan pemilihan umum. "Jadi proses penetapan pemilihan umum kita tentu melihat bahwa eskalasi-eskalasi dan tahapan-tahapan pada saat terjadinya unjuk rasa maka kita latihkan (Sispam Kota) agar anggota kita paham. Dan untuk mengindari korban sebanyak-banyaknya," pungkasnya.

"Dari pihak kepolisian pada prinsipnya Polri khususnya Polres Kabupaten Timor Tengah Utara siap melaksanakan pengamanan pemilu tahun 2024. Kami membuat Sispam kota ini secara ril yang benar-benar terjadi di Kabupaten TTU," ujar Kapolres TTU. 

Komandan Kodim 1618/TTU melalui Plh. Mayor Inf. Made Ngakan Marjana S.Pd., mengatakan, dari TNI AD pada intinya selalu bersinergis dengan Polri siap untuk mengamankan Pemilu 2024 dan siap menyukseskan serta siap memberikan bantuan apabila diperlukan. 

Sementara itu, Ketua Bawaslu TTU, mengucapkan terima kasih kepada Kapolres TTU, Kodim 1618/TTU dan KPU khususnya seluruh jajaran kepolisian karena telah melaksanakan simulasi terkait pengamanan pemilu tahun 2024. "Setiap kita tentu mempunyai tupoksi dan kinerja masing-masing," ucapnya.

Dari Bawaslu TTU, selaku pengawas pemilu yang saat ini sedang memaksimalkan tugas-tugas pengawasan terkait pencegahan dan juga penindakan namun penindakan adalah langkah terakhir. Yang saat ini sangat dimaksimalkan saat ini adalah langkah-langkah pencegahan.

"Sekarang kita sedang turun lapangan untuk melaksanakan langkah-langkah pencegahan tersebut. Dan sekarang Bawaslu juga sedang ada di Desa Oebubun terkait mengenai langkah pencegahan," ujarnya. 

Dirinya mengajak semua pihak untuk bergandengan tangan dan bekerjasama semoga pemilu dapat berjalan dengan aman, damai dan menjunjung tinggi nilai demokrasi. 

Hal senada disampaikan Ketua KPUD TTU yang juga mengucapkan terima kasih kepada Kapolres TTU beserta jajaran yang sudah melaksanakan simulasi dan disaksikan langsung olehnya. 

Polres TTU Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat.