Polres TTU Tindaklanjut Program Gotas Secara Masif

Polres TTU Tindaklanjut Program Gotas Secara Masif
Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik., M.H

Tribratanewsttu.com - Salah satu program Kapolda NTT, Irjen. Pol. Drs. Johanis Asadoma, S.I.K., M.Hum terkait program Gerakan Orang Tua Asuh (Gotas) untuk membantu pemerintah dalam menekan tingginya angka stunting telah ditindaklanjuti secara masif oleh satuan Polres TTU hingga Polsek jajaran. 

"Di tingkat Polsek sudah dilaksanakan secara masif. Ada yang satu bulan sekali, ada yang setiap minggu. Sesuai kemampuan. Dipotong sebagian kecil dari gaji untuk membagi sedikit makanan kepada anak-anak yang terindikasi stunting," terang Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik. M.H saat diwawancarai awak media di ruang kerjanya, Selasa (28/3/2023). 

Lebih lanjut mantan Kasubbid Paminal Bid Propam Polda NTT ini menjelaskan, inisiatif Kapolres dan jajaran Kapolsek bersama anggota dengan menyisihkan sebagian kecil gaji untuk membantu sesama terlebih khusus bayi balita stunting lantaran dikarenakan tidak ada anggaran yang dialokasikan untuk stunting. 

"Ini bagian dari upaya kita karena memang kita tidak ada anggaran. Data-data (Stunting) kami sudah dapat. Hanya tinggal pelaksanaanya. Untuk jumlah disesuaikan dengan kemampuan. Jujur saja Polri tidak ada anggaran yang dialokasikan untuk stunting namun kita siap mendukung dengan memberdayakan anggota untuk menyisihkan sebagian kecil gaji untuk membantu masyarakat khususnya yang membutuhkan," ujarnya. 

Dikatakan Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson, bahwa gerakan Gotas merupakan salah satu program Kapolda NTT untuk membantu program pemerintah dalam hal mencegah tingginya angka stunting di Kabupaten TTU. 

"Sekarang kita menduduki angka (Stunting) tertinggi ke dua di NTT sehingga Polres TTU berkomitmen untuk mendukung program tersebut degan cara memberikan bantuan. Seluruh jajaran Kapolsek sudah menjadi orang tua asuh dari beberapa anak stunting dengan memberikan makanan tambahan seperti bubur kacang hijau ada yang satu bulan sekali, satu minggu sekali berdasarkan kemampuan," jelasnya. 

Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson mengatakan, bahwa Polri tidak bisa bekerja sendiri. Untuk itu, butuh dukungan semua pihak di antaranya pemerintah daerah sebagai leading sektor untuk masalah stunting.

"Intinya Polri siap mendukung program pemerintah khususnya di Kabupaten TTU dengan melaksanakan kebijakan Kapolda NTT dengan meretaskan Gotas sebagai  bagian dari menanggulangi tingginya angka stunting di TTU," tutupnya. 

Polres TTU Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat