Puslitbang Mabes Polri Evaluasi Peralatan Dalmas dan PPH di Mapolres TTU

Puslitbang Mabes Polri Evaluasi Peralatan Dalmas dan PPH di Mapolres TTU
Kegiatan Evaluasi Peralatan Dalmas dan PHH Polri Dalam Rangka Persiapan Pengamanan Pemilu 2024 di Mapolres TTU, Selasa (19/7/2022). (Foto: Briptu Rian Welsyah)

Tribratanewsttu.com- Polri merupakan bagian dari fungsi pemerintahan negara di bidang pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat. Dalam rangka menjalankan fungsi tersebut, Polri harus selalu mendukung agenda pembangunan nasional termasuk pemilihan umum dan Pilkada serentak di Indonesia. 

Demikian disampaikan Ketua tim Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Mabes Polri, Kombes Pol. Syahrial M. Said. SIk melalui siaran pers yang diterima Tribranewsttu.com usai kegiatan Evaluasi Peralatan Dalmas dan PHH Polri Dalam Rangka Persiapan Pengamanan Pemilu  2024 di Mapolres TTU, Polda NTT, Selasa (19/7/2022).

Lebih lanjut Kombes Pol. Syahrial, menjelaskan, pemilihan umum di Indonesia merupakan salah satu upaya mewujudkan negara demokrasi yang harus dapat dilaksanakan dengan baik agar tercipta nya pemilihan umum yang profesional dan memiliki kredibilitas yang dapat dipertanggung jawabkan.  

Dengan akan diadakannya pemilu pada tahun 2024, lanjut Kombes Pol. Syahrial, untuk mengantisipasi agar semua keadaan dapat terkendali dengan baik dan kondusif maka dengan tetap mengedepankan pada pola pelayanan berbasis HAM dan mengutamakan strategi preemtif dan preventif, maka kesiapan peralatan Dalmas dan PHH perlu mendapatkan perhatian. 

Hal tersebut, lanjutnya, dapat dilihat dari berbagai kasus yang terjadi di lapangan saat mengantisipasi aksi unjuk rasa yang bersifat anarkis, masih ditemukan adanya kondisi peralatan Dalmas dan PHH Polri pada saat digunakan tidak berfungsi secara optimal (malfungsi), seperti kaca helm PHH pecah ketika terkena benda keras, dan lain lain. 

"Jika kebutuhan peralatan Dalmas dan PHH baik untuk perorangan maupun kesatuan masih kurang memadai, baik dari kuantitas maupun kualitas maka akan berpengaruh pada kesiapan Polri dalam melakukan pengamanan Pemilu pada  tahun 2024 nanti. Untuk itu maka Puslitbang Polri memandang penting melakukan penelitian tentang Evaluasi Peralatan Dalmas dan PHH Polri Dalam Rangka Persiapan Pengamanan Pemilu  2024," tulisnya. 

Dari penelitian ini, demikian Kombes Pol. Syahrial, diharapkan diperoleh kondisi riil peralatan Dalmas dan PHH saat ini sehingga Polri dapat melakukan langkah-langkah  perbaikan dan peningkatan kelayakan mutu peralatan Dalmas dan PHH dalam rangka kesiapan pengamanan pemilu serentak  yang   waktunya  kurang dari dua tahun. 

"Kita melihat kekurangannya dan kebutuhan agar bisa diperbaiki sehingga tahun depan bisa diperbaiki lagi. Kita meminta masukan dari anggota. Apa kira-kira kebutuhan dari anggota misalnya peralatan dalmas dari segi kualitas apakah berat, ringan kah atau gampang pecah," ujar Kombes Pol. Syahrial M. Said. SIk setelah diwawancarai usai kegiatan. 

Setelah dilakukan pengecekan fakta di lapangan di Mapolres TTU, beber Kombes Pol Syahrial, khusus untuk baju Raimas antara peralatan Raimas dan Dalmas sampai helm tidak seimbang sehingga kita meng- Cross Check dengan fakta-fakta dengan bukti dokumen yang ada. "Administrasinya harus kita lihat juga," tegasnya.

"Saya berharap mudah-mudahan menjelang Pilpres tidak ada kekacauan Dalmas juga kualitas bagus sehingga anggota nyaman sehingga aman dan selamat dalam bertugas," katanya. 

Untuk diketahui, pengumpulan data pada penelitian tersebut menggunakan dua pendekatan yaitu secara kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui; pengisian kuesioner secara online, pengecekan peralatan Dalmas / PHH dan wawancara mendalam (indepth interview) kepada para informan. (*/TNC)

Gerakan Polres TTU Semangat Melayani