Tingkatkan Ketrampilan Merawat Senjata Api, Kapolres TTU : Senjata Adalah Istri Pertama Kita

Tingkatkan Ketrampilan Merawat Senjata Api, Kapolres TTU : Senjata Adalah Istri Pertama Kita

Tribratanewsttu.com - Satuan Polres TTU menggelar kegiatan pelatihan terkait cara bagaimana membersihkan senjata api, membongkar senjata api dan memasang senjata api pada, Senin (25/9/2023).

Pelatihan yang dilaksanakan mulai pukul 11.00 wita hingga sekira pukul 13. 00 wita tersebut bertempat di depan ruang lobi Mako Polres TTU. Hadir saat itu, Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik., M.H., Kabag SDM Polres TTU, Kasubag Log Polres TTU, Kasi Humas Polres TTU serta seluruh anggota yang membawa senjata api. 

Pelatihan yang dilaksanakan selama kurang lebih 3 jam tersebut dimulai dengan arahan Kapolres TTU, dilanjutkan pelatihan yang dipimpin oleh Kasubag Log Polres TTU, Iptu Alfonsius Nahak. Pelatihan terkait cara membersihkan senjata, membongkar senjata dan memasang senjata api.

Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik., M.H., menjelaskan, seluruh Polsek jajaran khususnya Polres TTU melaksanakan pelaksanaan perawatan terhadap senjata karena selama ini kita selalu berdampingan dengan senjata dan saat-saat tertentu kita akan menggunakannya. 

Maka dari itu butuh yang namanya ketrampilan baik taktik maupun teknis terkait dengan perawatan senjata. Selanjutnya, nanti dari pihak logistik akan memberikan contoh bagaimana merawat, membersihkan dan bongkar pasang senjata. 

"Supaya pada saat rekan-rekan (Anggota Polisi) dalam pelaksanaan tugas nanti tidak mengalami kebingungan dan juga tidak mengalami kendala apa lagi menjadi masalah seperti yang terjadi di Kaltara (Ajudan Kapolda Kalimantan Utara tewas saat membersihkan senjata api)," jelas Kapolres TTU.

Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson menjelaskan, bahwa kejadian yang terjadi di Polda Kalimantan Utara seharusnya yang seharusnya tidak perlu terjadi tatkala betul-betul paham mengenai mekanisme perawatan dan juga bongkar pasang senjata. 

"Selanjutnya saya akan menyerahkan kepasa instruktur tapi selanjutnya nanti rekan-rekan akan praktikan. Tidak usah gegabah. Saya minta instruktur juga pelan karena senjata adalah istri pertama kita. Untuk itu, tentu dalam perawatan perlu kehati-hatian. Harus memenuhi yang namanya unsur keselamatan dan keamanan," 

Polres TTU Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat.