Wakapolres TTU Panen Simbolis di Kebun Percontohan Bhabinkamtibmas Aplasi, Ini Pesan Ketua Kelompok Tani

Wakapolres TTU Panen Simbolis di Kebun Percontohan Bhabinkamtibmas Aplasi, Ini Pesan Ketua Kelompok Tani
Wakapolres TTU Kompol Herman Lona melakukan panen simbolis kebun percontohan Bhabinkamtibmas Kelurahan Aplasi, Kecamatan Kota Kefamenanu,TTU, Senin (30/8).

Tribratanewsttu.com-Wakapolres TTU Kompol Herman Lona melakukan panen simbolis kebun percontohan Bhabinkamtibmas Kelurahan Aplasi, Kecamatan Kota Kefamenanu,TTU, Senin (30/8). Kegiatan tesebut merupakan program kerjasama Polri dan masyarakat dalam upaya mendorong ekonomi masyarakat melalui ketahanan pangan dalam menghadapi Pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai.

Kegiatan panen yang dimulai pukul 10.00 wita itu dilaksanakan pada kelompok tani Mitra Kayu Putih di Kelurahan Aplasi RT 18, RT 002. Dihadiri oleh Kasat Binmas Polres TTU Iptu I Made Wijana Santa, Bhabinkamtibmas Aplasi, Bripka Andi Panie, pihak Lurah Kelutahan Aplasi, Ketua RT 14, Ketua Kelompok Mitra Tani Kayu Putih, Aleksander Benu, Anggota kelompok Tani Mitra Kayu Putih dan Pemilik lahan, Jhon Dima.

Disaksikan Tribratanewsttu.com, dalam lahan tersebut ditanami aneka sayuran seperti sayur putih, sayur kangkung, sayur bayam, aneka sayur sawi, pepaya, serai dan ada pula satu bak penampung yang dirakit dari terpal untuk digunakan sebagai pengembangan benih ikan lele.

Wakapolres TTU, Kompol Herman Lona, menjelaskan, Polres TTU dipercayakan untuk melakukan panen perdana kebun sayur kerjasama Bhabinkamtibmas Polres TTU dan kelompok tani masyarakat Mitra Kayu Putih,Kelurahan Aplasi,”Program ini merupakan suatu kegiatan yang bagus yang bisa memampukan masyarakat untuk menghadapi pandemic Covid-19,”ungkap Herman Lona

Wakapolres Herman Lona mengharapkan, kegiatan tersebut tidak stop pada saat masa Pandemi melainkan harus terus berlangsung, “Ini merupakan salah satu bentuk kerjasama masyarakat dan Polri yang punya nilai ke depan sangat bagus dan berpotensi untuk mengembangkan ekonomi dan ketahana pangan dari masyarakat,”pungkas Herman Lona

“Kita berharap kegiatan Polri dan masyarakat ini mendapat dukungan dari pihak pemerintah atau mungkin lembaga swadaya masyarakat yang mempunyai kepedulian dalam hal lingkungan dan ekonomi masyarakat sehingga benar-benar bisa mengarahkan masyarakat untuk bisa mencapai kesejahteraan,”ujar Herman Lona sembari mengharapkan agar Bhabinkamtibmas, pemerintah desa dan warga masyarakat setempat agar dapat mempertahankan kerjasama tersebut untuk mengatasi masalah dan meningkatkan kesehateraan.

Pemilik Lahan, Jhon Dima, menjelaskan, sebagai pemilik lahan mengucapkan limpah terima kasih kepada kelompok tani Mitra Kayu Putih karena sejak tahun 60an lahan tersebut tidak pernah diolah. Untuk itu diberikan untuk dikelola secara gratis, “Kebetulan anak mantu saya ada di sini. Sudah dua tahun berturut-turut dia tanam jagung. Setelah itu ada koordinasi kelompok bahwa mereka akan kembangkan tanaman sayur. Sya bilang silahkan dari pada tanah itu dibiarkan kosong. Saya mendukung,”ungkapnya.

Sementara itu, Ketua kelompok Mitra Tani Kayu Putih, Alexander Benu, mengucapkan limpah terima kasih kepada Bhabinkamtibmas yang telah meluangkan waktu demi membina kelompok tani Mitra Kayu Putih dan juga Jhon Dima selaku pemilikk lahan, “Bhabinkamtibmas selalu malam, siang hadiri di sini (Kebun percontohan) untuk memberikan motivasi bagi kami,”ungkap Alexander Benu

Lebih lanjut Alexander, menjelaskan, luas lahan kebun tersebut seluas 1.414 meter persegi. Dikelola oleh 30 orang anggota yang masih dalam proses pengukuhan, “Setelah panen nanti kami akan cari pasaran di pasar lama dan pasar baru. Atau mau borok langsung juga bisa. Hasilnya nanti sama-sama anggota untuk kompromi beli pupuk, bibit dan keperluan lainya,”ungkapnya.