Wakapolres TTU Pimpin Jumat Curhat di Oenenu Selatan

Wakapolres TTU Pimpin Jumat Curhat di Oenenu Selatan

Tribratanewsttu.com - Wakapolres TTU, Kompol Matheus Anus, S.H., M.H memimpin langsung kegiatan Jumat Curhat di Kantor Desa Oenenu Selatan, Kecamatan Bikomi Tengah, Kabupaten TTU, Jumat (5/5/2023). 

Dalam kegiatan bertajuk Ngopi Curhat Bareng Polisi Mendengar (Ngechat, kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 10.00 wita juga dihadiri Kaurbinops PoIres TTU. Kegiatan dibuka oleh Kapolsek Miotim Ipda M. Aris Salama, S.H.

Camat Bikomi Tengah, Markus Nesi, S.Ip meminta agar para calon Kepala Desa membantu menjaga situasi keamanan pasca pilkades pada tanggal 17 Mei 2023 mendatang.

Sementara itu, Waka Polres TTU Kompol Matheus Anus, S.H., M.H menjelaskan terkait isu perdagangan orang atau trafficking yang tidak sesuai prosedur yang akan berdampak pada kesulitan warga itu sendiri. Waka Polres TTU juga meminta agar warga Desa Oenenu selatan memanfaatkan lahan yang ada untuk menanam sayur sayuran, Kopi dan lain sebagainya.

"Kurangi kekerasan dalam rumah tangga dan hindari persoalan yang dapat menyusahkan diri sendiri. Kaitan dengan pilkades, boleh berbeda pilihan tapi harus menjaga suasana kekeluargaan. Tidak perlu saling mengolok antara yang menang dengan yang kalah.

Dalam sesi tanya jawab, Marselinus Nino Cakades nomor urut 2 menjelaskan, persyaratan waktu urus SKCK dikhususkan bagi calon kades yang berada di wilayah Kecamatan Bikomi Tengah dalam persyaratan sehingga dirinya meminta agar Kapolsek telusuri secara baik.

Kapolsek Miotim Ipda M. Aris Salama, S.H. menjelaskan, untuk syarat SKCK tidak ada yang dikhususkan dan permintaan syarat ijasah asli itu diterapkan bagi seluruh calon kades di wilayah hukum Polsek Miotim. "Apa yang disampaikan oleh pak kapolsek itu benar dan tidak mengkhususkan atau mengistimewakan calon kades lain, semuanya kita layani berdasarkan persyaratan yang telah ditentukan," tegasnya. 

Hal senada disampaikan Camat Bikomi Tengah terkait saran dari Marselins Nino, bahwa yang dipersoalkan itu hasil perolehan suara bukan yang administrasi lain yang sudah dimasukan ke panitia.

Penegasan dari Camat Bikomi Utara kepada Masyarakat Desa Oenenu kaitan dengan pilkades agar seluruh lapisan Masyarakat supaya menjaga situasi dan keamanan pasca pilkades.

Sementara itu, Kasie Pem, Kecamatan Bikomi Tengah mengatakan, Netralitas untuk aparat Desa dan BPD harga mati. Penjabat Kepala Desa dan Ketua BPD agar turut membantu mengawasi jalannya proses kampanye bukan untuk memihak salah satu calon Kades.

Kasubag Ops Polres TTU, AKP Wastoro, menjelaskan, kepolisian mengambil alih dalam hak pengamanan dalam pelaksanaan pilkades. "Harapan kita semua bahwa pilkades harus berjalan dengan aman, siapapun yang akan terpilih menjadi Kepala Desa terpilih kita harus hargai itu," tegasnya. 

Usul saran juga disampaikan Marselinus Nino, bahwa perdagangan orang adalah urusan kita semua, kami akan mendukung Polri untuk hal itu, seandainya di Desa kami ada informasi terkait itu maka kami akan berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa. Menanggapi hal tersebut, Wakapolres TTU Polres mengucapkan terima kasih atas dukungan Masyarakat Desa Oeninu khususnya dan Kecamatan Bikomi Tengah pada umumnya

"Saya pertegas bahwa kaitan dengan pilkades, saya pribadi akan menjunjung tinggi sportifitas dalam hal ini saya siap menang dan saya siap kalah, saya akan mendukung penuh situasi keamanan pasca pilkades," ujar Theodorus Mano.

"Urusan Sim agar kami dibantu dan mohon agar dalam pengurusan sim kami jangan dipersulit.Waka Polres TTU akan meminta Kasat Lantas untuk membantu Masyarakat Desa Oenino Selatan dan Masyarakat tolong siapkan syarat - syarat yang dibutuhkan," tambah Timotius Abi.

Hal senada disampaikan Alexander Ngadas, menambahkan bahwa waktu kampanye agar tidak bertabrakan antara satu calon dengan calon lainnya agar tidak menimbulkan keributan atau gangguan keamanan lainnya.

Untuk diketahui, kegiatan yang dilaksanakan hingga pukul 11.30 wita, dihadiri Waka Polres TTU, Kompol Matheus Anus, S.H., M.H, Kapolsek Miotim Ipda M. Aris Salama, S.H. Kasubagops Polres TTU, 

Camat Bikomi Tengah, Penjabat Desa Oenenu Selatan, Para calon Kades Oenenu Selatan, BPD Desa Oenenu Selatan, Para Anggota Linmas, Para tokoh adat, Para tokoh Masyarakat. 

Polres TTU Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat