Kasat Lantas Polres TTU Ikut Kegiatan Rakernis Fungsi Lantas Polda NTT

Kasat Lantas Polres TTU Ikut Kegiatan Rakernis Fungsi Lantas Polda NTT
Pose bersama usai kegiatan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Fungsi Lalu Lintas (Lantas) tingkat Polda NTT tahun anggaran 2023 di Mapolda NTT, Senin (20/3/2023). (Foto: dok. Lantas Polres TTU)

Tribratanewsttu.com - Kasat Lantas Polres TTU, Iptu Rahmat Agus Ibrahim, S.E, mengikuti kegiatan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Fungsi Lalu Lintas (Lantas) tingkat Polda NTT tahun anggaran 2023 di Mapolda NTT, Senin (20/3/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 16.00 wita tersebut bertempat di Aula Rapat Hotel Swiss Bellcourt Kota Kupang selama 2 Hari. Tema yang diambil adalah "Polantas Presisi Siap Mewujudkan Kamseltibcar Lantas pada Agenda Nasional dan Internasional Tahun 2023 dalam Mendukung Peningkatan Produktivitas untuk Transformasi Ekonomi yg Inklusif dan Berkelanjutan".

Kasat Lantas Polres TTU, Iptu Rahmat Agus Ibrahim, S.E, menjelaskan, kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kabag Binops dan Kasubdit Gakkum dan dihadiri oleh para Kasat Lantas jajaran Polres, para Kanit Regident jajaran Polres dan para Benma jajaran Polres.

Susunan acara dimulai dari laporan PA yang ditunjuk dilanjutkan pembukaan giat oleh KBO Dit Lantas Polres TTU. Dalam Anev oleh Kasubdit Gakkum, dalam penyampaian berita buruk kepada pihak korban maupun tersangka diharapkan sesuai dengan ST No 509 / II / HUK.2.2 / 2023, tgl 27 Peb 2023 agar pihak korban maupun tersangka menerima keadaan.

Tentang cara penindakan selain dengan ETLE masih ada beberapa cara, pedomani dan laksanakan sesuai aturan yang ada. Aplikasi Pengaturan (eTurwali) diharapkan untuk seluruh personil mengisi setelah giat dilaksanakan, selalu monitor atensi Polda terkait petunjuk dan arahan dari Ditlantas, CB yang sudah ada segera pedomani dan Laporan setiap giat serta dapat meningkatkan kemampuan atau skill dimana saja bertugas.

Sepanjutnya, paparan materi oleh KBO Dit Lantas Polres TTU (Kesiapan Ditlantas Polda NTT dalam rangka Pamwal Asean Summit 2023)

TimeLine :

- 30 Aprl, Geser Pers ke LBJ

- 01 Mei, Pengecekan Pers, Kend + Peralatan

- 02 Mei, Final Chek

- 03 sd 04 Mei, Lat Wal Rolakhir Gladi Bersih

- 05 Mei, Apel Gelar Pasukan

- 06 Mei, Kedatangan Delegasi

- 07 sd 08 Mei, Pertemuan para Menteri

- 09 sd 11 Mei, Giat Asean Summit

- 12 sd 13 Mei, Antisipasi Delegasi mzh di Lbj

- 14 Mei, Konsolidasi Pers BKO kembali

- Pastikan Pers BKO yg mengenal Lokasi Lbj

- Kend yg akan digeser sudah ready action (siap pakai) utk tampilan Tamu Negara

Kasi STNK Ditlantas Polda NTT, AKP Sudirman, menambahkan, terkait Benma ada beberapa Polres yang selisih dengan STCK, BPKB dan TCKB. Terkait dengan PNBP apabila tidak disetorkan termasuk kerugian negara, pelaporan sesuaikan dengan Format yang sudah dishare oleh Korlantas, terkait Plat Nopol yang tunggakan sudah tercetak, apabila ada Polres yang belum terima segera datakan dan segera diambil.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Kasi SBST, AKP Febrian, menambahkan terkait penyetoran PNBP masing-masing Kasat selalu mengawasi dan penutupan laporan bulanan sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan. Selama pelaksanaan, giat berjalan aman dan lancar serta tetap mempedomani Protokol Kesehatan. 

Polres TTU Berikan Pelayanan Terbaik kepada Masyarakat