Patroli Gabungan TNI/Polri Sosialisasi Penerapan PPKM Level 3 di TTU

Patroli Gabungan TNI/Polri Sosialisasi Penerapan PPKM Level 3 di TTU
apel Kesiapan Patroli Gabungan yang bertempat di lapangan Apel Polres TTU, Rabu (18/8).

Tribratanewsttu.com-Polres TTU dan Kodim 1618/TTU melakukan patroli gabungan dalam upaya memberikan himbauan kepada masyarakat terkait penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Rabu (18/8).

Kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 09.00 wita itu diawali apel Kesiapan Patroli Gabungan yang bertempat di lapangan Apel Polres TTU. Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres TTU AKBP Nelson Filipe Dias Quintas, S.I.K, Dandim 1618/TTU Letkol Arm. Roni Juanidi, S. Sos, Kasat Sabhara Polres TTU Iptu Warsito, Pasiops Kodim 1618 TTU Letda Adolfo Mendonsa, Personil TNI Kodim 1618/TTU para Personil Polres TTU dan Pol PP Kabupaten TTU.

Kapolres TTU AKBP Nelson Filipe Dias Quintas, S.I.K dalam arahan sebelum kegiatan dimulai, menekankan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan berdasarkan perintah presiden RI Joko Widodo.  Untuk itu, diharapkan agar satuan TNI/Polri harus tetap optimis dan konsisten dengan tanggungjawab yang dijalankan, “Harus menghadapi masyarakata dengan tenang dan kepala dingin,”imbaunya.

“Apabila adanya pasien covid yang tidak mau isolasi terpusat, aparat Babinkamtibmas dan Babinsa desa setempat harus melakuan himbauan terhadap keluarga pasien secara humanis sehingga bisa mengerti dalam penanganan covid sehingga bisa dilakukan isolasi terpusat,”pungkasnya.

Sementara itu, Dandim 1618/TTU Letkol Arm. Roni Juanidi, S. Sos, menekankan bahwa dalam konteks organisasi, TNI/Polri dalam satgas Covid-19 yakni sebagai koordinator tentang penegakan hukum dan disiplin. Untuk itu, dapat memberikan himbauan secara humanis terhadap keluarga pasien covid.

Yang menjadi permasalahan, kata Letkol Arm. Roni Juanidi, S. Sos adalah masyarakat masih ada yang berpikiran merasa malu kalau keluarga ada yang (Terpapar) Covid-19 sehingga masuk ke Rusunawa. Kalau masalah yang lain tidak terlalu esensial. Untuk itu, harus diberikan pemahaman kepada masyarakat,”Kalau mencintai keluarga maka harus isolasi. Kalau kekurangan oksigen dan lainya maka dibawa ke rumah sakit,”tegasnya.

Dikatakannya, Pelaksanaan 3T yakni pemeriksaan (testing), pelacakan (tracing), dan perawatan (treatment) menjadi program kunci dalam upaya pengendalian kasus Covid-19,“Memang pekerjaan kita ini dinamis ya artinya bukan tugas pokok tetapi kita wajib mendukung pelaksanaan prioritas kita yaitu dari Presiden tentang pembatasan mobilitas. Yang juga penting yaitu dokumentasi,”tegas Dandim Roni

Kegiatan Patroli Gabungan dalam memberikan himbauan kepada masyarakat terkait PPKM Level 3 itu selesai pukul 12.15 wita. Berjalan dengan aman dan lancar. Dipimpin oleh Kabag OPS Polres TTU AKP Yohanes B. Simon. Lokasi Patroli mulai dari Polres TTU menuju ke Desa Unini, Kecamatan Insana Barat, kemudian kembali Ke Polres TTU.

Sebagai catatan, Kabagops Polres TTU AKP Yohanes B. Simon memerintahkan Kapolsek Insana untuk segera berkoordinasi dengan pihak Puskesmas Usapinonot untuk segera menyemprotkan Disinfektan di rumah orang tua pasien yang terpapar positif Covid – 19.

Pasien terpapar covid 19 bersama kontak erat dibawa dengan menggunakan mobil ambulance Puskesmas Mamsena untuk menjalani karantina di BLK  sedangkan kontak erat akan di lakukan rapid antigen oleh Nakes Kabupaten di BLK.