Polres TTU Wujudkan Makna Pendidikan di Momen Hardiknas Tahun 2024

Polres TTU Wujudkan Makna Pendidikan di Momen Hardiknas Tahun 2024

Tribratanewsttu.com - Ki Hajar Dewantara dikenal sebagai sosok yang berani menentang kebijakan pendidikan pemerintahan Hindia Belanda pada era kolonial yang hanya menyekolahkan anak-anak kelahiran Belanda dan orang kaya saja. 

Oleh karena jasa – jasa beliau maka hari lahirnya Bapak Pendidikan Nasional ini pada setiap tanggal 2 Mei kita bangsa Indonesia memperingatinya sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) sebagaimana tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 316 tahun 1959 pada tanggal 16 Desember 1959.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) selalu dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan diantaranya pentas tarian dan seni budaya, nyanyian dan drama tradisional serta berbagai kegiatan yang memamerkan kemajuan pendidikan di Indonersia.

Di Kabupaten Timor Tengah Utara peringatan Hari Pendidikan Nasional diselenggarakan dengan melaksanakan Upacara Bendera dan dilanjutkan dengan tari-tarian tradisional seperti Tari Likurai, Tebe, Puisi dengan menggunakan bahasa lokal (dawan) dan juga seni tarian modern yang dipentaskan oleh beberapa sekolah yang ada di Kabupaten TTU. 

Keberlangsungan pedidikan di Indonesia tentunya membutuhkan peran serta dari berbagai pihak selain keluarga dan lembaga pendidikan; Polri adalah salah satu lembaga yang sangat peduli dengan dunia pendidikan, pembinaan mental kepribadian generasi muda perlu dibentuk sejak dini sehingga generasi muda dapat tumbuh dan berkembang menjadi generasi yang tangguh dengan kesiapan mental menghadapi pekembangan jaman dan kemajuan teknologi.

Berbagai program pembinaan pun dilakukan oleh Polri untuk generasi muda khususnya para pelajar mulai dari TK, SD, SMP, dan SMA. Melaksanakan himbauan, sosilisasi serta pembinaan menjadi tugas dan tanggung jawab semua anggota Polri terutama bagi anggota Polri yang mengemban tugas sebagai seorang Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat).

Adapun peran Bhabinkamtibmas yang dilaksanakan dalam rangka pembinaan mental kepribadian generasi muda, Bripka Andreas Manek salah satunya. Selain bertugas sebagai anggota Propam Polres TTU, ia juga adalah seorang Bhabinkamtibmas Ds. Usapinonot Kecamatan Insana Barat Kabupaten TTU.

Dalam melaksanakan tugasnya sebagai seorang Bhabinkamtibmas Bripka Andreas Manek menyempatkan waktunya untuk memberikan pembinaan bagi para pelajar di SMP Sanam Desa Usapinonot tentang kenakalan remaja dan dampak minum minuman keras serta bahaya narkoba. Dengan gaya humanis dan penuh kelakar Bripka Andreas Manek berupaya mencuri perhatian dari para pelajar tersebut. 

Suatu pemandangan yang tidak biasa dirasakan oleh para pelajar SMP Sanam dimana saat itu mereka melihat seorang polisi sedang berbicara dan bercanda bersama mereka. Tentunya hal ini menjadi pengalaman unik yang dirasakan oleh para guru dan semua siswa di sekolah tersebut. Para guru berharap kegiatan pembinaan mental kepribadian disekolah dapat terus galakan melalui peran Bhabinkamtibmas. Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar dan bersama Polri menciptakan suasana belajar yang nyaman.

Polres TTU Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat