Polsek Miotim Polres TTU Masuk Nominasi Kompolnas Awards, Kompolnas RI Turun Lakukan Peninjauan

Polsek Miotim Polres TTU Masuk Nominasi Kompolnas Awards, Kompolnas RI Turun Lakukan Peninjauan
Rombongan anggota Kompolnas RI pose bersama Kapolres TTU bersama Bupati TTU dan rombongan di depan Mapolsek Miomaffo Timur, Kamis (8/6/2023). (Foto: Humas Polres TTU)

Tribratanewsttu.com - Satuan Polsek Miomaffo Timur, Polres TTU, Polda NTT berhasil masuk nominasi Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Awards. Menindaklanjuti hal tersebut, maka rombongan anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Republik Indonesia (RI) turun melakukan peninjauan langsung ke Mapolsek Miomafo Timur, Kamis (8/6/2023).

Kompolnas Awards merupakan sarana bagi Kompolnas untuk menilai kinerja Satwil dan Satker Mabes Polri, sesuai dengan tujuan Kompolnas untuk mewujudkan Polri yang profesional dan mandiri.

Kunjungan kerja yang dilaksanakan mulai pukul 14.30 wita tersebut dalam rangka melakukan peninjauan sekaligus penilaian oleh tim juri terhadap nominasi kompolnas awards di Polsek Miomaffo Timur tahun anggaran 2023.

Ada pun rombongan Kompolnas yang hadir, diantaranya, H. Muhammad Dawam, S.H.I, M.H selaku ketua tim didampingi dua orang anggota, yakni Ayu Rahmayani Samania dan Yosef Gasper Matheus DA Costa, S.H didampingi Itwasda Polda NTT Kombes Pol Taufik Irpan Awalluddin, S.H, M.H.

Sementara itu, hadir menyambut rombongan Kompolnas RI yakni Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik., M.H, Dandim 1618/TTU Letkol Arm Laode Irwan Halim S.I.P, M.Tr (Han), Waka Polres TTU, Kasdim 1618 TTU, Kapolsek Miomaffo Timur dan para perwira Polres TTU.

Hadir pula Bupati TTU, Drs. Juandi David, Ketua DPRD TTU Hendrikus F. Bana, S.H., Kaban Kesbangpol TTU, Camat Miomaffo Timur, Camat Bikomi Nilulat, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda.

Ketua Tim Kompolnas RI, H. Muhammad Dawam, S.H.I, M.H, menjelaskan, bahwa tujuan kehadiran mereka di Polsek Miomaffo Timur adalah untuk bisa melihat secara langsung keadaan dan situasi serta untuk bisa bertatap muka langsung dengan anggota Polri Polres TTU. Selain itu, untuk melakukan peninjauan langsung serta memberikan penilaian terhadap Polsek Miomaffo Timur yang telah berhasil masuk dalam nominasi kompolnas award.

"Selain itu, kehadiran kami di sini agar bisa  mendengar langsung kendala- kendala apa saja yang ada yang dialami dalam pelaksanaan tugas. Selanjutnya saya akan sedikit menjelaskan susunan tim yang ada dalam tubuh Kompolnas yang terbagi menjadi 9 orang yaitu : 3 unsur dari masyarakat, 3 unsur dari pemerintahan, 3 unsur dari pakar polisi," jelas H. Muhammad Dawam, S.H.I, M.H.

Dijelaskan H. Muhammad Dawam, S.H.I, M.H, tugas Kompolnas hanya ada 2, yaitu membantu presiden dalam merumuskan suatu masalah yang ada di Polri dalam mengambil kebijakan dan memberi masukan kepada presiden dalam mengambil keputusan.

Sedangkan fungsi Kompolnas, adalah melakukan pemantauan dan melakukan penilaian sehingga dalam melakukan penilaian dan yang menjadi juri adalah Kompolnas, Mabes Polri dan Makplush.  Makplush sebagai konsultan yang ditujukan secara langsung oleh Kompolnas dan direstui oleh Mabes Polri.

"Saya meminta kepada bapak Kapolsek agar bisa bekerja bersama dengan elemen masyarakat dan bisa bersama-sama melaksanakan pemeliharaan Kamtibmas kewilayahan agar semakin membaik. Saya harap dengan adanya keterbatasan yang ada bapak Kapolsek tetap meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat dengan setulus hati," imbaunya.

Muhammad Dawam mengharapkan kepada Kapolsek Miomaffo Timur dan anggota yang bertugas di wilayah yang berbatasan langsung dengan Timor Leste untuk tetap menjaga teritorial wilayah NKRI dan Harkamtibmas di dalamnya, menghapus ideologi, trans nasional ideologi ekstrim dan Narkoba.

Bupati TTU, Drs. Juandi David saat memberikan sambutan, menyampaikan profisiat kepada pihak kepolisian Polres TTU terkhususnya Polsek Miomaffo Timur yang telah membuat suatu terobosan dan inovasi di bidang Kepolisian yang sangat bagus, sehingga Polsek Miomaffo Timur masuk dalam nominasi Kompolnas Awards. "kami sangat mendukung dalam kegiatan ini," tegasnya. 

"Saya yakin jika beberapa aspek keamanan telah berjalan dengan aman dan baik situasi di wilayah hukum Polsek Miomaffo Timur dikatakan berhasil tetapi jika tidak berjalan dengan baik semua tidak akan dikatakan berhasil," ujar Bupati Juandi. 

Menurut Bupati Juandi, pihaknya melihat Kapolsek Miomaffo Timur bersama anggota telah bekerja keras dalam memelihara Kamtibmas di wilayah hukum Polsek Miomaffo Timur, mengingat jalan utama depan Polsek merupakan jalan lintas batas antara negara Timor Leste sehingga anggota kepolisian yang bertugas 1x24 menjaga keamanan sehingga semuanya bisa berjalan aman dan lancar.

 

* Polsek Miotim Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat

Dalam sesi tanya jawab, Camat Bikomi Nilulat mengatakan bahwa wilayah hukum Polsek Miomaffo Timur cukup luas dan membawahi 6 Kecamatan. Untuk itu, selaku aparatur pemerintah daerah selalu mendukung tugas dan fungsi Polri, namun kendala yang dilihat di lapangan masih mengalami kekurangan anggota Polri yang bertugas di Polsek Miomaffo Timur. Untuk itu, dalam kesempatan tersebut dirinya mengharapkan agar adanya penambahan personil di Polsek Miomaffo Timur guna kelancaran tugas dalam hal pelayanan kepada masyarakat dan Harkamtibmas.

Hal senada disampaikan salah satu tokoh adat, bahwa anggota Polri yang bertugas di Polsek Miomaffo Timur sangat luar biasa dan telah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Hal tersebut dapat dilihat dari cara pelayanan kepada masyarakat serta sengat dekat dengan masyarakat dan berbaur bersama masyarakat tanpa memandang suku, ras dan agama serta status sosial.

Sementara itu, Camat Miomaffo Timur yang hadir juga mengharapkan agar adanya penambahan personil Polri yang bertugas di Polsek Miomaffo Timur. 

Hadir pula tokoh agama Katolik, Romo, juga memberikan apresiasi tersendiri kepada Polsek Miotim yang mana kehadiran polisi di Polsek Miomaffo Timur sangat akrab dengan masyarakat setempat, kami selalu bertemu dengan anggota Polri di setiap kegiatan masyarakat. "Saya sangat bangga dengan anggota Polri yang bertugas di Polsek Miomaffo Timur," tambahnya. 

Kaban Kesbangpol Kabupaten TTU yang hadir saat itu, juga menyampaikan bahwa peninjauan atau penilaian oleh tim juri terhadap nominasi Kompolnas awards tidak dinilai dari sarana dan prasarana namun dengan keterbatasan yang ada Polsek Miomaffo Timur tetap melaksanakan tugas dengan setulus hati. Hal tersebut dapat dilihat dari Harkamtibmas yang sangat luar biasa serta dalam penyelesaian kasus lebih mengedepankan restorative justice.

Dandim 1618/TTU menambahkan, bahwa dalam pelaksanaan tugas TNI dan Polri selalu bergerak bersama dan selalu mendukung kegiatan Polri. 

Ketua Tim Kompolnas RI saat memberikan tanggapan, mengatakan bahwa apa yang menjadi harapan dan masukan yang telah disampaikan akan diusulkan ke tingkat atas. "Semoga bisa cepat direalisasi dan jika tidak pun pasti suatu saat pasti akan direalisasi," pungkasnya. Kegiatan dilanjutkan pemutaran Video, peninjauan dan penutupan. Pada pukul 16.04 wita giat selesai berjalan aman dan lancar. 

Polres TTU Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat