Secara Serentak, Polres TTU dan Polsek Jajaran Gelar Sosialisasi Pencegahan TPPO di Gereja

Secara Serentak, Polres TTU dan Polsek Jajaran Gelar Sosialisasi Pencegahan TPPO di Gereja

Tribraranewsttu.com - Satuan Polres Timor Tengah Utara (TTU) bersama Polsek jajaran secara serentak menggelar kegiatan sosialisasi tentang Tindak Pidana Pencegahan Perdagangan Orang (TPPO) di gereja-gereja pada, Minggu (4/6/2023).

Dipimpin langsung Wakapolres TTU, Kompol Matheus Anus, SH., M.H, kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 07.30 wita tersebut dimulai dari Gereja Katolik Paroki St.Theresia Kefamenanu.

Kegiatan tersebut juga kemudian dilaksanakan secara serentak di 8 Polsek jajaran Polres TTU di wilayah hukum masing-masing. 

Wakapolres TTU, Kompol Matheus Anus, SH., M.H, menjelaskan, bahwa kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan dengan tujuan agar seluruh warga masyarakat Kabupaten TTU berkomitmen untuk mencegah terjadinya tindak pidana Perdagangan orang (TPPO).

Lebih lanjut Wakapolres TTU, Kompol Matheus Anus, SH., M.H, juga menghimbau kepada seluruh warga masyarakat apabila menemukan pelaku TPPO agar segera melaporkan ke Polres TTU atau ke Polsek terdekat. Polres TTU dan Polsek jajaran pun sudah memasang spanduk himbauan tentang TPPO.

Usai kegiatan sosialisasi, Kasat Reskrim Polres TTU Iptu Djony Boro, S.H, melakukan pembagian brosur TPPO kepada masyarakat di terminal Bus dan pasar lama. Sekaligus sosialisasi tentang TPPO dan memasang stiker di mobil-mobil umum seperti bus angkutan bemo dan pemasangan spanduk tentang TPPO di tempat umum. 

Kasat Reskrim Polres TTU Iptu Djony Boro, S.H, saat diwawancarai Tribraranewsttu.com, menjelaskan, bahwa dengan adanya kegiatan sosialisasi tersebut maka diharapkan kiranya tidak ada lagi di Provinsi NTT khususunya di wilayah hukum (Wilkum) Polres TTU. 

"Kami menekan (TPPO) sekecil mungkin yang mana (TPPO) telah menjadi isu nasional bahwa di NTT menjadi sumber penyumbang terbanyak untuk korban TPPO karena tenaga kerja imigran yang dikirim ke luar negeri kebanyakan dari daratan timor," ujar Iptu Djony Boro, S.H.

Lebih lanjut Iptu Djony Boro, S.H menjelaskan, bahwa pembagian brosur dilakukan untuk memberikan masukan atau edukasi kepada masyarakat di wilayah kabupaten TTU agar mereka bisa mengerti bahaya TPPO.

"Apa bila TPPO terjadi di wilayah hukum Polres TTU maka masyarakat sudah mengetahui terlebih dahulu apa yang harus dilakukan dengan melapor ke aparat desa atau Polisi terdekat. Kami dari fungsi reskrim tentu siap untuk menerima laporan dan melakukan penyelidikan dan penyidikan kejahatan TPPO," tutupnya. 

Polres TTU Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat