Sepasang Sepatu Dari Kapolres TTU Saat Baksos Bersama Ketua PKK TTU di SDN Oehama

Sepasang Sepatu Dari Kapolres TTU Saat Baksos Bersama Ketua PKK TTU di SDN Oehama
Kapolres TTU AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik., M.H saat memakaikan sepatu kepada salah seorang murid ketika melakukan kegiatan Baksos di SDN Oehama, Desa Noenasi, Miomaffo Tengah-TTU, Jumat (25/3/2022). (Foto : AFP)

Tribratanewsttu.com- Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik., M.H., bersama ketua Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten TTU, Ny. Dra. Elvira B. M. Ogom melaksanakan kegiatan Bhakti Sosial (Baksos) di SDN Oehama, Desa Noenasi, Kecamatan Miomaffo Tengah, Kabupaten TTU, Jumat (25/3/2022). 

Turut hadir dalam kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 10.30 wita tersebut yakni Kepala Dinas PPO Kabupaten TTU Raymundus Aluman, Direktur Rancang Rumah Eka Kusuma, Wakil Ketua Bayangkari TTU Ny. Herman lona, Camat Miomaffo Tengah Telen Rubu dan Kapolsek Miomaffo barat, Ipda Putu Ediarta.

Bantuan yang diberikan berupa sepatu, buku dan alat tulis kepada 75 anak yang benar-benar sangat membutuhkan. Aksi nyata yang dilaksanakan di halaman sekolah itu tetap mematuhi protokol kesehatan. Suasana diwarnai kebersamaan dan keceriaan anak-anak sekolah yang hadir dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. 

"Raihlah cita-cita mu setinggi langit agar engkau jatuh, engkau akan terjatuh di atas bintang," kata Kapolres Mukhson usai memakaikan langsung sepatu kepada anak-anak sekolah SDN Oehama. Kapolres sempat menanyakan cita-cita kepasa anak sekolah yang mendapat hadiah. Ada yang menjawab, ingin menjadi presiden dan lainya. 

Kapolres TTU AKBP Moh. Mukhson menjelaskan, Baksos tersebut berawal dari kunjungan rombongan Ibu Ketua PKK TTU dan ibu Ketua Bayangkari Cabang TTU pada tanggal 11 Februari 2022 lalu. Dalam kunjungan itu, ketua Bayangkari cabang TTU mendapati ada siswa dan siswi SDN Oehoma yang tidak memiliki sepatu sehingga meminta untuk mendatakan siswa-siswi SDN Oehama yang tidak memiliki sepatu agar mendapat Bantuan dari Polres TTU.

"Dalam mewujudkan Polri yang PRESISI, Polres TTU mewujudkannya lewat Kegiatan Baksos. Apabila kami menemukan kendala di lapangan seperti permasalah Sosial maka kami punya tanggung jawab untuk menyelesaikan dengan cara membantu mencari solusi dengan menginginkan beban masyarakat. Salah satu yang telah kami lakukan adalah hari ini kami hadir di tempat ini untuk mambantu meringankan beban masyarakat desa Noenasi," ujarnya. 

Kapolres Mukhson mengharapkan, semoga bantuan yang diberikan dapat digunakan dengan baik dan dapat bermanfaat. "Kepada ibu ketua penggerak PKK TTU kami sangat berterima kasih sudah mendukung berlangsungnya acara ini. Semoga acara yang baik seperti ini berkelanjutan secara terus menerus guna mewujudkan kabupaten TTU yang lebih bermartabat," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, ketua TP PKK TTU, Ny. Dra. Elvira B. M. Ogom menyampaikan terimakasih kepada Kapolres TTU yang telah berusaha untuk membantu anak-anak di SDN Oehama yang kurang mampu. Selain itu, karena mengingat Desa Noenasi adalah salah satu Desa yang tertinggi angka stunting di TTU.

"Kami dari pihak Pemerintah juga sangat menaruh perhatian lebih kepada masyarakat desa Noenasi untuk menekan jumlah angka stunting dengan cara memberikan bantuan berupa benih tanaman bergizi untuk ditanam kebun masyarakat," ujar Istri Bupati TTU, Drs. Juandi David ini.

Sementara itu, Direktur Rancang Rumah Eka Kusuma, menambahkan, pihaknya mendapat info dari Kapolres TTU bahwa ada sekolah di TTU yang murid-murdnya tidak menggunakan sepatu saat ke sekolah. Mendengar hal itu, pihaknya tergerak bersama beberapa pengusaha membantu menyalurkan bantuan. "Pasti ada (bantuan) tapi beda kegiatan, bagi sembako atau apa pun itu kita akan bicarakan lagi," singkatnya. 

"Harapan saya bisa membantu sekolah-sekolah lain yanh butuh bantuan sentuhan biarpun hanya sepatu dan peralatan sekolah karena itu sangat berarti. Kegiatan ini berawal dari 1 bulan yang lalu saya melihat anak-anak tidak ada yang pakai sepatu apalagi bajunya juga tidak pakai seragam makanya saya sampaikan sama Bapak Kapolres saat itu," kisah Ketua Bhayangkari cabang TTU, Ny. Hesti Moh. Mukhson. 

Giat berakhir dalam pada jam.11.30 wita dalam keadaan aman terkendali. Dilanjutkan pembagian masker dan edukasi Vaksin dan pentingnya penerapan Prokes bagi anak-anak sekolah dan guru-guru yang ada. (***)

 

Orang Tua Murid Bersyukur dan Berterima Kasih

Beberapa orang tua murid saat diwawancara secara terpisah mengaku sangat bersyukur dan meminta banyak terima kasih kepada Kapolres TTU bersama Ibu Ketua TP PKK TTU yang sudah membantu anak-anak mereka sepatu dan alat tulis. 

Selain itu Camat Miomaffo Tengah Telen Rubu mewakili masyarakat pun mengucapkan limpah terima kasih atas bantuan yang diberikan. "Ini bantuan Kapolres untuk pendidikan di TTU khususnya di Desa Neonasi, Miomaffo tengah. Atas nama masyarakat saya mengucapkan terima kasih banyak," ungkapnya. 

Beberapa guru mengaku bahagia dan mengapresiasi Polri dalam hal ini Polres TTU yang telah memberikan bantuan kepada anak-anak sekolah. Pasalnya, selama ini banyak yang ke sekolah namun tidak menggunakan sepatu. Pakaian seragam pun nyaris tidak dipakai. Hanya menggunakan pakaian rumah, mereka semangat untuk ke sekolah. (*/TNC)

Gerakan Polres TTU Semangat Melayani