Simak Isi Curhat Para Pedagang dan Tokoh Masyarakat Kepada Kapolsek Bian

Simak Isi Curhat Para Pedagang dan Tokoh Masyarakat Kepada Kapolsek Bian
Kegiatan Ngopi Curhat Bareng Polisi Mendengar (Ngechat) di Terminal Pasar Rakyat Ponu, Bendeira, Kecamatan Biboki Anleu, Kabupaten TTU, Jumat (27/1/2023). (Foto: Tribratanewsttu.com)

Tribratanewsttu.com - Satuan Polsek Biboki Anleu, Polres TTU melaksanakan kegiatan Ngopi Curhat Bareng Polisi Mendengar (Ngechat) di Terminal Pasar Rakyat Ponu, Bendeira, Kecamatan Biboki Anleu, Kabupaten TTU, Jumat (27/1/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 10.00 wita tersebut dihadiri Kapolsek Biboki Anleu, Ipda Fransiskus Bai Meo bersama lima personil, Pedagang hewan Lambertus Lesu, Pedagang Hewan Yohanis Tes, Pedagang Hewan Vinsensius Natkase, Pedagang Sembako Lius Mau Bere, Pedagang Alat pertanian Ama Rinto Rihi, Tokoh Masyarakat Anton kolo dan Gerson Koa.

Kapolsek Biboki, Anleu Ipda Fransiskus Bai Meo saat memberikan sambutan, menjelaskan, bahwa maksud kedatangan mereka agar menindaklanjuti program Kapolri tentang Jumat Curhat antara masyarakat bersama Polisi. "Di sini kami membuka ruang untuk bapak mama silahkan menyampaikan hal-hal yang menyangkut pelayanan Polisi, agar ke depan Polisi bisa berbenah lebih baik," pintanya. 

"Tujuan dari pelaksanaan Curhat Bareng Polisi adalah agar Polri dapat mendekatkan diri kepada masyarakat, dan dapat menerima keluhan masyarakat secara langsung," tambahnya. 

Dalam sesi curhat dan tanggapan, pedagang ternak Vinsensius Natkase menyampaikan bahwa Polri Polsek Biboki Anleu dalam melaksanakan tugas dan pelayanan terhadap masyarakat Biboki Anleu selama ini sudah sangat baik terutama dalam memantau situasi Kamtibmas di Pasar Rakyat Ponu. "Selama ini Kami para pedagang merasa aman ketika melakukan aktivitas jual beli di pasar Ponu," pungkasnya. 

"Bhabinkamtibmas Desa Ponu yang memiliki wilayah binaan di Pasar Rakyat Ponu selalu memberikan kami himbauan tentang tata tertib di pasar Ponu dan selalu memantau aktivitas di pasar sehingga kami tetap merasa aman dan nyaman ketika melakukan aktivitas jual beli," ujarnya. 

Vinsensius Natkase meminta agar Kapolsek bersama anggota bisa melakukan sosialisasi kepada para pedagang juga para pembeli ternak agar lebih waspada karena maraknya pencurian hewan ternak yang sering dijual di pasar ponu sehingga tidak terjadi komflik dan kecurigaan masyrakat terhadap para pedagang ternak.

Selanjutnya, pedagang Sembako Lius Mau Bere, pasa kesempatan itu menyampaikan bahwa pelayanan Polsek Biboki Anleu sangat baik. "Saya mewakili teman-teman pedagang Sembako dari Belu menyampaikan kepada Bapak Kapolsek bersama anggota bahwa kami sangat berterima kasih untuk jaminan keamanan yang diberikan kepada kami selama ini ketika kami melakukan aktivitas jualan di Pasar ponu," ungkapnya. 

"Saran dari kami, kami minta Bapa Kapolsek melalui Bhabinpol Desa ponu untuk memantau Oknum Oknum masyarakat juga Pemuda yang masi sering mabok di Sekitar Pasar ponu dan sangat mengganggu aktivitas pasar," tambahnya. 

Tokoh Masyarakat, Anton kolo menambahkan, bahwa sebagai warga Asli Ponu sangat berterima kasih kepada Kapolsek Bian bersama jajaran yang selalu melakukan Giat Patroli dan Himbaun kepada masyarakat ponu yang melakukan aktivitas jual beli di pasar ponu. "Saran saya, saya sebagai pembeli di pasar Ponu meminta kepada bapa Kapolsek agar ke depan memantau semua penjual hewan di pasar Ponu mengingat perna terjadi ada oknum masyarakat yang menjual hewan curian di pasar Ponu," pintanya. 

Kapolsek Biboki Anleu, Ipda Fransiskus Bai Meo menyampaikan terima kasih kepada warga masyarakat yang selalu mendukung Polri dalam hal ini Polsek Biboki Anleu dalam menjalankan tugas selama ini kususnya pada saat hari pasar rakyat dengan tetap menjaga Kamtibmas.

"Untuk  sosialisasi mengenai pencurian hewan suda perna kami Sosialisasikan melalui Bhabinpol setiap desa dan akan kami tingkatkan lagi untuk melakukan Dor to Dor kepada masyarakat khususnya wilayah atau desa desa yang masi rawan pencurian hewan," pungkasnya. 

"Saya selaku Kapolsek Biboki Anleu melalui Bhabinpol akan melakukan Patroli dan pemantauan lebih rutin giat aktivitas di pasar agar menindak tegas oknum masyarakat yang masih mabok di dalam Pasar yang sering mengganggu aktivitas di pasar Ponu," ujarnya. 

Di akhir sambutan, Kapolsek Biboki Anleu, Ipda Fransiskus Bai Meo menyampaikan bahwa selaku Kapolsek Biboki Anleu mewakili pihak POLRI berterima kasih kepada seluruh masyarakat Ponu dan juga masyarakat dari Kabupaten Belu yang hadir dalam giat Curhat bareng Polisi yang masih percaya terhadap kinerja Polri kususnya di wilayah Kecamatan Biboki Anleu. 

Gerakan Polres TTU Semangat Melayani