Antisipasi Konflik Susulan Dua Desa, Samapta Polsek Insana Gelar Patroli

Antisipasi Konflik Susulan Dua Desa, Samapta Polsek Insana Gelar Patroli
Satuan Polsek Insana saat melaksanakan kegiatan patroli rutin skala kecil, Selasa (19/4/2022). (Foto : TNC)

Tribratanewsttu.com- Belum lama ini dikabarkan sempat terjadi bentrok akibat dugaan kasus sengketa lahan yang terjadi antara warga Masyarakat Seumbam Desa Maubesi, Kecamatan Insana Tengah dan masyarakat Tuamau, Desa Ban'nae, Kecamatan Insana Barat. 

Untuk itu, demi mewujudkan Sitkamtibmas agar tetap aman dan kondusif di wilayah hukum Polsek Insana maka aparat satuan Polsek setempat melaksanakan kegiatan patroli rutin skala kecil, Selasa (19/4/2022). Kegiatan tersebut guna mengantisipasi terjadinya konflik susulan. 

Patroli yang dilaksanakan mulai pukul 09.00 wita tersebut dilakukan oleh 4 orang personil diantaranya Kanit Samapta Polsek Insana Aipda Semy Lena, Ka SPKT III Bripka Dominggus. A. Bili, Bripka Stefanus Emanuel Bedo dan Bripka Younkie Rm Mumu.

Sasaran rempat kegiatan yakni lingkungan Soembam Desa Maubesi, Kecamatan Insana Tengah, kantor Desa Maubesi, Kecamatan Insana Tengah, lingkungan Tuamau Desa Ban'nae, Kecamatan Insana Barat dan kantor Desa Ban'nae Kecamatan Insana Barat.

Kanit Samapta Polsek Insana Aipda Semy Lena, menjelaskan, patroli skala kecil tersebut merupakan langkah preventif yang dilaksanakan Polsek Insana yang mana bertujuan untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya gangguan Kamtibmas. 

Sementara itu, sasaran giat yakni Kades Maubesi Vinsentius Fomeni, Kades Ban'nae Ernest Tna'auni, S.Stp dan para tokoh masyarakat dan lembaga adat seperti Paulus Kefi, Petrus Sila, Yakobus Siki, Bonefasius Siki, Reginaldus Siki, Adriana Siki dan Oktaviana Sila. 

"Menyambangi kedua wilayah yang dianggap rawan terjadinya gangguan Kamtibmas diharapkan akan menutup ruang gerak para pelaku atau kelompok Kriminal dalam melakukan aksi maupun berbuatan yang melanggar hukum dan mengganggu situasi Kamtibmas," ujar Aipda Semy Lena.

Upaya pencegahan dengan cara Patroli skala kecil dan Himbauan Kamtibmas yang dilakukan, kata Aipda Semy Lena, untuk mengantisipasi terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan dan belum terjadi sehingga masyarakat di kedua wilayah yang bersengketa merasa lebih aman.

Aipda Semy Lena mengharapkan masyarakat tidak terpengaruh Informasi Hoax bersifat provokasi sehingga bisa memperuncing adanya permasalahan yang menimbulkan terjadinya tindakan Kriminal.

Kapolsek Insana, Danramil Bisel ( Babinsa ), Tokoh Pemerintah Kecamatan, Tokoh Pemerintah Desa, Tokoh Masy dan Lembaga Adat bersepakat untuk mencari solusi terbaik. 

Upaya problem solving penyelesaian permasalahan tanah dilaksanakan Rabu (20/4/2022) di Sonaf Lanasu Taolin, Oelolok Desa Ainiut, Kecamatan Insana demi meniadakan pertikaian yang berdampak munculnya tindak Pidana yang berujung adanya pelanggaran Hukum di masyarakat.

Hasil giat yang dicapai danya ucapan terimah kasih dari warga masyarakat dengan adanya giat tersebut. Harapan besar masyarakat dengan adanya giat tersebut situasi Kamtibmas tetap aman dan kondusif. Giat berjalan aman dan lancar. (*/TNC)

Gerakan Polres TTU Semangat Melayani