Kapolres TTU Cek Kesiapan Pos Pelayanan dan Pos Pengamanan di Gereja-gereja

Kapolres TTU Cek Kesiapan Pos Pelayanan dan Pos Pengamanan di Gereja-gereja
Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik., M.H saat melakukan pengecekan di Pos Pelayanan di Terminal Kota Kefamenanu, Jumat (23/12/2022). (Foto: Humas Polres TTU)

Tribratanewsttu.com - Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik., M.H melakukan pengecekan Pos Pelayanan di Terminal Kota Kefamenanu dan Pos Pengamanan di sejumlah gereja dalam terminal Kota Kefamenanu, Ibu Kota Kabupaten TTU, Jumat (23/12/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan mulai sekira pukul 09.00 wita tersebut dipimpin langsung Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik., M.H didampingi Kabag Ops Polres TTU, AKP Wastoro dan Kasat Lantas Polres TTU, Iptu Rahmat Agus Ibrahim S.E.

Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson S.H. S.Ik., M.H., saat diwawancarai awak media, menjelaskan, pengecekan dilakukan untuk memastikan personel Polres TTU baik piranti lunak maupun piranti keras sudah dalam keadaan siap. "Kalau sudah siap anggota bisa bergeser untuk melakukan pelayanan kepada masyarakat terutama saudara-saudara kita yang akan melaksanakan mudik dalam rangka merayakan Natal dan Tahun baru," ungkapnya.

"Kami tempatkan Pos Pelayanan di terminal Kota Kefamenanu. Kita libatkan dari Dinas Kesehatan baik dari Polres maupun dari pemerintah daerah serta memastikan kembali terkait dengan rujukan rumah sakit atau puskesmas yang menjadi rujukan," ujarnya. 

"Kita berdoa kepada Tuhan agar dalam pelaksanaanya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan supaya pelaksanaan perayaan Natal dan Tahun baru bisa berjalan dengan aman dan lancar," tambahnya. 

Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson memohon dukungan dan bantuan kepada masyarakat agar sama-sama menciptakan situasi keamanan yang kondusif agar perayaan Natal dan Tahun Baru 2023 berjalan dengan lancar. 

Mantan Kasat Lantas Polres Kota Gorontalo ini juga menghimbau kepada para pemudik agar dapat memperhatikan faktor keselamatan baik diri sendiri maupun penumpang. "Jangan terburu-buru dan ngebut saat berkendara pasalnya semua tujuan dari pada perjalanan adalah keselamatan," imbuhnya. 

Terkait masalah kendaraan, kata Kapolres TTU AKBP Moh. Mukhson, telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kabupaten TTU untuk melaksanakan beberapa pengecekan kelayakan kendaraan dan kesehatan pengemudi.

"Jangan sampai pengemudi dalam keadaan sakit apalagi sedang mengkonsumsi minuman keras (Miras) yang dapat menyebabkan kecelakaan di jalan raya sehingga kita akan melakukan penegakan hukum apa bila terjadi pelanggaran. Kalau soal kelayakan kendaraan nanti dinas Perhubungan yang akan menjelaskan," jelasnya. 

Dikatakan Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson, bahwa Pos Pengamanan terdapat di 5 titik yang direncanakan. "Ada Pos pengamanan terpusat dalam arti kata untuk seluruh personil harus stang by. Lalu Pos yang berada di beberapa gereja nanti sifatnya fleksibel. Jadi pada saat ada kegiatan anggota kami langsung menyebar ke setiap pengamanan," pungkasnya. 

Personil Polres TTU yang terlibat, demikian Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson, sebanyak 88 orang. "Kalau ditotalkan dengan seluruh stake holder yang terlibat itu ada 223 orang. Nanti kita pecah menjadi tiga tempat yakni di Pos pengamanan Terpadu, Pos Pelayanan dan Pos Pengamanan," jelasnya. 

"Pada saat hari H pelaksanaan Ibadah maka anggota kami langsung sebar di setiap gereja untuk bisa melaksanakan pengamanan membantu saudara-saudara kita yang juga sudah mempersiapkan petugas untuk pengamanan. Intinya memaksimalkan anggota kita untuk bisa memberikan pengamanan dan pelayanan kepada masyarakat yang melaksanakan ibadah," tutupnya. 

Gerakan Polres TTU Semangat Melayani