Kapolres TTU Pimpin Rapat Lintas Sektoral Operasi Mantap Brata Turangga 2023-2024

Kapolres TTU Pimpin Rapat Lintas Sektoral Operasi Mantap Brata Turangga 2023-2024

Tribratanewsttu.com - Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik., M.H memimpin rapat lintas sektoral Operasi Mantap Brata Turangga 2023-2024, Selasa (10/10/2023). Rapat tersebut dilaksanakan dalam rangka menghadapi event politik Tahun 2024.

Kegiatan yang dilaksanakan bertempat di ruang Vicon Mapolres TTU mulai pukul 08.30 wita tersebut dihadiri Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukshon SH., S.I.K., MH., mewakili Dandim 1618/TTU Pasi Intel Dim 1618/TTU, Kapten Inf. Agustinus Ahang, Kasat Intelkam Polres TTU, Iptu Anyar Nenobais, Kasat Reskrim Polres TTU, Iptu Djoni Boro, S.H., mewakili Ketua Bawaslu Kab. TTU, Heppy Oktavia S.Pd, mewakili Ketua KPU Kab. TTU, Lukas Nenoki dan perwakilan anggota Bawaslu dan KPU TTU.

Rangkaian kegiatan rapat yang dilaksanakan hingga pukul 11.30 wita diawali sambutan oleh Kapolres TTU sekaligus membuka rapat yang dimulai dengan Paparan Kapolres TTU terkait situasi wilayah di Kabupaten TTU menjelang pemilu 2024. Dilanjutkan sambutan dan paparan singkat perwakilan Ketua KPU TTU, Lukas Nenoki. 

Lukas Nenoki menjelaskan, penepatan jumlah kursi di TTU masih tetap yaitu 20 kursi yang dibagi di 5 Dapil wilayah Kabupaten TTU. Dari 18 partai, hanya 17 partai yang mengajukan calon dan ada satu partai yang tidak mengajukan calon yaitu partai bulan bintang.

Kemudian, lanjut Lukas Nenoki, pada tanggal 3 november calon yang didaftarkan sudah bisa diterima secara sah di KPU dan jumlah calon sebanyak 149 terkecuali yang Tidak Memenuhi Syarat (TYM).

"Kampanye ditetapkan tanggal 28 November karena kampanye dilaksanakan setelah 25 hari penetapan calon anggota DPR dan sebelum mulai kegiatan kita akan kordinasi kepada Polres, Kodim dan partai kita akan membahas bahas saat rapat kordinasi kampanye sehingga semua berjalan sesuai zona kampanye yang berlaku," ujarnya. 

Kemudian, untuk Kampanye dilaksanakan sampai tanggal 10 Februari 2024 dan 3 hari untuk masa tenang sampai tanggal 13. Kemudian, tanggal 14-20 Februari dilaksanakan pemilihan serentak Pilpres, pileg DPR RI, Prov dan Kabupaten. Dan, pada tanggal 27 November 2024 akan dilaksanakan Pemilihan Gubernur dan Bupati.

Sambutan dan paparan juga disampaikan Perwakilan Ketua Bawaslu Kabupaten TTU, Heppy Oktavia S.Pd dengan tema "Strategi Penguatan Bawaslu Dalam Pengawasan Pemilu 2024". Dan dilanjutkan sambutan dan paparan Pasi Intel Kodim 1618/TTU, dengan tema Fungsi dan Tugas Pokok TNI dalam Pemilu.

Dalam sesi tanya jawab, forum yang dihadiri sekitar 35 orang peserta tersebut menyampaikan agar disampaikan kepada kepala desa untuk memberikan pelayanan terbaik, termasuk pakaian linmas yang tidak pernah diganti, kebersihan TPS dan pengamanan aparat desa sehingga TNI/Polri sebagai pengamanan tidak dijadikan kambing hitam.

Data pemilihan yang dilaksanakan panitia tolong dicek kembali agar tidak ada permainan, apabila ada temuan yang ada di luar hal atau kewenangan agar disampaikan langsung kepada panitia.

Kepemilikan KTP EL masyarakat untuk syarat pemilihan agar diperhatikan lagi, karena masih banyak masyarakat yang datang tidak membawa KTP EL tetapi hanya membawa Kartu Keluarga dan diperbolehkan untuk memilih. 

Untuk Baliho ataupun poster yang terpampang di fasilitas umum apakah memang sudah diperbolehkan atau masih menunggu instruksi dari KPU untuk pemasangan, dikarenakan memang banyak mengganggu fasilitas umum untuk saat ini karena memang belum memasuki masa kampanye.

Jawaban dari Perwakilan Ketua KPU Kabupaten TTU, untuk linmas karna dibawah satpol PP sehingga akan disampaikan kepada Bupati TTU,  ataupun terkait dana desa yang dikelola pada saat pemilihan. Kemudian, untuk pemilihan ke depannya akan mengkaji ulang dokumen kependudukan yang baru sehingga tidak ada kejadian seperti tahun sebelumnya sehingga tidak ada dokumen yang double untuk menggunakan hak pilih.

Dikatakan, pihaknya bersama Tim di kecamatan dan juga Desa bersama sudah kami sarankan kepada masyarakat yang belum memiliki KTP EL agar diurus berkasnya dan segera mungkin untuk membuat KTP agar bisa menggunakan hak pilihnya di pemilu dan kami juga akan terus bekerja untuk memastikan kepada seluruh masyarakat agar membawa KTP EL pada saat pemilu digelar.

Untuk pemasangan ATK (Atribut Kampanye) dll, akan dilaksanakan pada saat kampanye dimulai dan piha KPU sudah membahas kepada Pemda TTU agar membersihkan seluruh poster ataupun baliho yang ada di fasilitas umum dikarenakan memang belum memasuki bulan Kampanye.

Pukul 11.30 Wita, seluruh rangkaian Rapat Lintas Sektoral Operasi Mantap Brata Turangga 2023-2024 Dalam Rangka Menghadapi Event Politik Pilnas Tahun 2024 selesai berjalan dengan tertib, aman dan lancar. Sebagai catatan, rapat tersebut dilaksanakan untuk mempererat hubungan antara KPU, Bawaslu, TNI dan Polri untuk memaksimalkan kegiatan Pemilu yg akan datang. Pemilihan Legislatif dan Pemlihan Presiden dilaksanakan Pada bulan Februari 2024. 

Polres TTU Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat.