Kapolres TTU Terima Kunjungan Tim Puslitbang SDM Polri, Lakukan Penelitian Pengembangan Cyber Police

Kapolres TTU Terima Kunjungan Tim Puslitbang SDM Polri, Lakukan Penelitian Pengembangan Cyber Police
Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson S.H., S.I.K.,M.H pose bersama Tim Puslitbang SDM Polri dan jajaran Polres TTU di ruang Vicon Mapolres TTU, Selasa (5/3/2024). (Foto: Humas Polres TTU)

Tribratanewsttu.com - Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson S.H., S.I.K.,M.H menerima kunjungan Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Sumber Daya Manusia (SDM) Kepolisian Republik Indonesia (Polri) di Mapolres TTU, Selasa (5/3/2024). 

Kunjungan tim Puslitbang SDM Polri yang dilaksanakan mulai pukul 08.30 wita tersebut sesuai Surat Keputusan Kepala Pusat Penelitian Dan Pengembangan Polri Nomor : Kep/35/VIII/2023, tanggal 14 Agustus 2023 Tentang Rencana Kerja Pusat Penelitian dan Pengembangan Polri tahun anggaran 2024.

Kedatangan Tim Mabes Polri yang dipimpin Kombespol Adi Djadja Subagja, S.I.K. M.H tersebut dalam rangka pelaksanaan penelitian tentang Strategi Pengembangan SDM Polisi Siber (cyber police) di Satuan Polres TTU sebagai upaya mewujudkan Polri 4.0.

Hadir mendampingi Kombespol Adi Djadja Subagja, S.I.K. M.H, yakni Pembina Wilhelmus Sanga, S.E. M.M selaku Sekretaris, Penata Yuli Pertiwi, S.E. M.M selaku anggota serta Dr. Achmad Fauzi, S.Sos, M.E yang merupakan Dosen Universitas Indonesia (UI) sebagai Konsultan Peneliti yang ditugaskan oleh Puslitbang Polri sesuai Surat Tugas Nomor : Sgas/ 38 /II/LIT.1. /2024.

Selain itu, turut hadir pula pihak satuan Resrkim dan Sat Res Narkoba dari Polres Belu dan Polres Malaka.

Kombespol Adi Djadja Subagja, S.I.K. M.H, menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan melakukan indentifikasi dan pemetaan Polisi Cyber setelah dilakukan pengembangan dan atau penataan Struktur Organisasi Subdirektorat di tingkat Polda serta memberikan rumusan dan rekomendasi pengembangan SDM Polisi Siber juga pengembangan Struktur Organisasi (Unit Polisi Siber) pada tingkat Polda dan Polres.

"Manfaat dari tujuan tersebut adalah terwujudnya pengembangan SDM dan Organisasi Polisi Siber di kewilayahan dalam mengantisipasi merebaknya kejahatan siber (Cyber Crime) seperti Tindak Pidana Informasi, Transaksi Elektronik, Tindak Pidana Telekomunikasi  dan juga kejahatan Transnasional yang berkaitan dengan kejahatan siber yang terjadi di semua sektor kehidupan seperti sektor Pemerintahan, Perbankan, Industri, Politik dan sektor sektor lainnya," jelasnya. Kegiatan selesai pada pukul 11.00 wita selanjutnya Tim kembali ke Kupang.

Polres TTU Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat.