Sinergitas TNI-Polri dan Masyarakat di TTU Gelar Pembersihan Lingkungan

Sinergitas TNI-Polri dan Masyarakat di TTU Gelar Pembersihan Lingkungan

Tribratanewsttu.com - Aparat TNI AD dalam hal ini Kodim 1618/TTU bersama jajaran Polres TTU dan masyarakat melaksanakan kegiatan Karya Bhakti berupa pembersihan lingkungan di wilayah Kelurahan Kefamenanu Selatan, Kecamatan Kota Kefamenanu, Kabupaten TTU, Jumat (8/12/2023).

Aksi tersebut sebagai bentuk langkah nyata dalam mencegah terjadinya bencana banjir dan longsor di wilayah setempat dalam menghadapi musim penghujan. Aksi peduli lingkungan tersebut dilakukan oleh personil Kodim 1618/TTU bersama Polres TTU, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kebersihan, Dinas Sosial, Serta masyarakat Kelurahan Kefamenanu Selatan.

Kegiatan kerja Bakti juga dihadiri, Plh. Kasdim 1618/TTU (Mayor Inf Ngakan Made Marjana S.Pd), Kapolres TTU diwakilkan KBO Samapta (Ipda Mateus Neno), Pasiter Dim 1618/TTU (Kapten Inf Nur Marsudi), Kasat Pol PP (Agusto Solokana), Lurah Kefa. Selatan (Marcelino Mabes), Anggota Kodim 1618/TTU, Anggota Polres TTU, Sat POL PP TTU, Anggota Dinas Kebersihan TTU, Anggota Dinas Lingkungan Hidup TTU, Anggota Dinas Sosial TTU, dan masyrakat Kelurahan Kefa Selatan.

Di sela-sela kegiatan, Dandim 1618/TTU Letkol Arm Laode Irwan Halim S.IP., M.Tr (Han), menyampaikan bahwa Karya Bhakti tersebut menjadi bagian dari masyarakat. “Sudah menjadi kewajiban kita bersama untuk selalu ada ditengah- tengah warga dalam setiap kegiatan. Hal ini juga merupakan salah satu bentuk keakraban dan kedekatan bersama TNI-Polri serta masyarakat,” jelasnya.

“Sekarang kita menghadapi musim penghujan. Kami berkerja sama dengan Stakeholder yang berada di Kabupaten TTU, dari pemerintah daerah, Polres TTU, dan Tokoh-tokoh Masyarakat yang ada di Kabupaten TTU. Kegiatan ini dalam rangka karya Bhakti mulai dari pembersihan kantor, pangkalan, dan pembersihan tempat Fasilitas umum. Kami juga melaksanakan kegiatan penanaman pohon di sekitar Sungai atau pun Pantai, untuk mencegahnya terjadi Erupsi ataupun pengikisan tanah, sehingga tidak terjadi Banjir,” ujarnya.

Mantan Komandan Batalyon Armed 3/105 Tarik ini menjelaskan kegiatan tersebut merupakan perintah ataupun petunjuk dari Komando Atas, dalam hal ini Kepala Staf Angkatan Darat Jendral TNI, Maruli Simanjuntak. “Sehingga kita bersama-sama Stakeholder dan seluruh masyarakat untuk mendukung pelaksanaan,” pungkas Dandim 1618/TTU.

Dandim TTU menyebut, potensi bencana banjir terjadi karena kurangnya kepedulian tentang kebersihan lingkungan serta banyaknya tumpukan sampah di aliran sungai dan Got. Untuk itulah, anggota TNI-POLRI dan masyarakat membersihkan selokan untuk menyingkirkan sampah yang menumpuk.

Polres TTU Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat.