Kunker ke Polsek Insut, Kapolres TTU Cek Pemeliharaan Speedboat dan Patroli Laut

Kunker ke Polsek Insut, Kapolres TTU Cek Pemeliharaan Speedboat dan Patroli Laut
Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik., M.H bersama ketua Bhayangkari Cabang TTU Ny. Hesty Moh. Mukhson saat melakukan patroli di perairan perbatasan RI-RDTL, Minggu (11/9/2022). (Foto: TNC)

Tribratanewsttu.com - Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik, M.H melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Mapolsek Insana Utara, Minggu (10/9/2022). Dalam kegiatan tersebut, Kapolres melakukan pengecekan pemeliharaan Speedboat dan melaksanakan patroli laut Bhabinkamtibmas di perairan perbatasan RI-RDTL. 

Kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul  11.00 wita tersebut bertempat di pantai Wini, Desa Humusu Wini, Kecamatan Insan Utara, Kabupaten TTU. Hadir mendampingi Kapolres Mukhson, yakni ketua Bhayangkari Cabang TTU, Ny. Hesty Moh. Mukhson, Kapolsek Insana Utara, Iptu Yohanes Bara Puka.

Hadir pula Ketua ranting Bhayangkari Insana Utara, Kanit Binmas Polsek Insana Utara, anggota Polsek Insana Utara dan anggota Satgas Polairud Polda NTT. Pemeriksaan Speedboat dimulai dari pemeriksaan kebersihan, Fisik kapal, kelengkapan kapal, tali kapal dan kelayakan mesin kapal. 

Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson, S.H., S.Ik., M.H melalui Kasi Humas Polres TTU, Iptu I Ketut Suta, menjelaskan, saat melakukan pengecekan speedboat dalam keadaan baik dan lengkap sehingga dapat digunakan untuk patroli seputar laut wini yang mana perbatasan langsung dengan laut Distrik Oecusse (TLS). Patroli dilakukan untuk mengetahui keadaan dan batas-batas perairan laut perbatasan RI/RDTL/Distrik Oecusse dan aktivitas para nelayan Lokal.

Iptu I Ketut Suta menjelaskan, tujuan pelaksanaan pengecekan speedboat dan Patroli Laut perbatasan wini RI-RDTL Oecusse agar kapal Speedboat Bhabinkamtibmas selalu terawat dan siap sedia dipergunakan dalam melaksanakan patroli laut.

Selain itu, lanjut dia, agar para nelayan lokal di pantai wini RI-RDTL Oecusse berlayar mencari ikan tidak melewati zona perbatasan antar negara. "Melaksanakan pengecekan para nelayan agar tidak mengunakan bahan peledak atau Bom serta mencegah terjadinya penyeludupan melalui jalur laut," ungkapnya. 

Hasil yang didapatkan dalam patroli laut Wini RI-RDTL Oecusse, tidak ditemui kapal nelayan dari wini RI dan kapal nelayan pantai Makasar RDTL yang berlayar dan berlabu di batas laut antar kedua negara. Selain itu, dalam pelaksanaan patroli cuaca laut berangin dan bergelombang. Para nelayan lokal wini menangkap ikan tidak ditemukan menggunakan bantah peledak.

Pukul 12.00 wita pelaksanaan pengecekan dan patroli laut menggunakan speedboat selesai dalam keadaan aman dan lancar. Pukul 12.10 wita Kapolres TTU bersama ketua ranting Bhayangkari dan seluruh anggota kembali kemako Polsek insan utara. Pukul 13.55 wita kegiatan selesai. (*/TNC)

Gerakan Polres TTU Semangat Melayani