Polres TTU Gelar Pengukuhan dan Pelantikan Polisi RW di Wilayah Hukum Polres TTU

Polres TTU Gelar Pengukuhan dan Pelantikan Polisi RW di Wilayah Hukum Polres TTU
Satuan Polres TTU pose bersama usai kegiatan pengukuhan dan pelantikan Polisi RW di wilayah hukum Polres TTU, Kamis (22/6/2023). (Foto: Humas Polres TTU)

Tribratanewsttu.com - Satuan Polres TTU menggelar kegiatan pengukuhan dan pelantikan Polisi RW di wilayah hukum Polres TTU, Kamis (22/6/2023).

Bertempat di lapangan upacara Mapolres TTU, upacara yang dilaksanakan mulai pukul 09.00 wita tersebut dipimpin oleh Wakapolres TTU, Kompol Matheus Anus, SH., M.H.

Hadir saat itu para perwira Polres TTU, anggota Polres TTU, perwakilan Pemda TTU, perwakilan Kodim 1618/TTU, tokoh masyarakat, tokoh adat dan pihak terkait lainya. 

Wakapolres TTU, Kompol Matheus Anus, SH., M.H. saat memberikan sambutan, menjelaskan, bahwa saat ini Indonesia dihadapkan pada situasi yang cukup dinamis, seiring mendekatnya agenda pemilu dan pilkada serentak yang akan di laksanakan pada tahun 2024 di mana sangat mempengaruhi situasi nasional.

Kabupaten TTU, lanjut Kompol Matheus, dikenal dengan karakter demografis masyarakat yang heterogen. Keanekaragaman ini ada kalanya mewarnai situasi Kamtibmas seperti tindak kekerasan, KDRT, penyakit masyarakat dan khusus kriminalitas lainya.

Atas fenomena itulah, pada hari ini Polri dalam menyikapi hal tersebut perlu adanya pembentukan program-progam dalam pemeliharaan Kamtibmas di antaranya adalah Polisi RW sebagai salah satu strategi untuk menekan dan mengantisipasi timbulnya gangguan kamtibmas di masyarakat.

Lebih lanjut Kompol Matheus menegaskan, bahwa memalui program polisi RW, Polri bermitra dengan unsur masyarakat, lembaga kemasyarakatan dan unsur pemerintah daerah untuk berkolaborasi mencari solusi permasalahan gangguan Kamtibmas meningkatkan kesadaran hukum dan memperkuat kepedulian masyarakat terhadap keamanan bersama.

"Besar harapan agar polisi RW terus mengedepankan kearifan lokal dalam melaksanakan kewajiban, memiliki pemahaman dimana bumi di pijak di situ langit di junjung. Dengan berbagai potensinya, polisi RW juga berpotensi memperkuat kelompok jaga warga dengan bersinergi, menjalin komunikasi dan berinteraksi langsung dengan masyarakat di lingkungannya," ujar Wakapolres TTU. 

Selain itu, demikian Wakapolres TTU, polisi RW juga diharapkan mampu memberikan informasi maupun mencari informasi dengan memperhatikan berbagai situasi yang ada di masyarakat. Dengan pendekatan tersebut, diharapkan terciptanya daya tangkal dan daya cegah terhadap potensi gangguan keamanan, serta mampu menjadi problem solving di lingkungan masyarakat, senantiasa mengedepankan prinsip kehati-hatian dalam melaksanakan tugas, pastikan sesuai dengan prosedur tetap mengedepankan rasa kemanusian agar polisi RW dapat menjadi mitra dan sahabat masyarakat.

"Terakhir saya mengajak semua pihak untuk mendukung berjalannya program ini, semoga ke depan ruang silaturahmi antara POLRI dan seluruh elemen masyarakat semakin solid sehingga dapat terwujud masyarakat aman, tentram dan damai," tutupnya. 

Polres TTU Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat